Jangan Biarkan Anak Beraktivitas Berat

source: http://newyork.cbslocal.com

Masa kanak-kanak adalah masa di mana anak sangat aktif. Mereka suka sekali berlarian ke sana ke mari, melompat, memanjat, bermain di playground dan lain-lain. Tapi khusus untuk anak yang osteoporosis, maka batasi aktivitas atau bermain yang berat-berat dan terlalu aktif. Karena itu, kamu harus selalu memantau aktivitas buah hatimu sehari-hari, agar tidak melakukan sesuatu yang membuat terjatuh dan membuat tulangnya patah.

 

Ayo Konsumsi Banyak Kalsium dan Vitamin D!

source: https://www.infokids.com.cy

Kalsium dan vitamin D adalah zat penting dalam pembentukan tulang. Oleh karena itu anak yang terkena osteoporosis sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang tinggi kalsium, misalnya susu, sayuran seperti brokoli, ikan salmon, tahu, susu kedelai dan kacang merah.

Sementara vitamin D bisa didapatkan dengan mengajak anak untuk berjalan-jalan pagi, agar tubuhnya menyerap paparan sinar matahari. Waktu terbaik untuk mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari adalah sebelum jam 10 pagi. Nah, kedua nutrisi ini akan membantu memadatkan kembali tulang anak.

 

baca juga

Hindari 'Screen Time' Terlalu Banyak

source: http://www.scarymommy.com

Ternyata anak yang menghabiskan banyak waktu untuk menonton televisi, bermain komputer dan gadget, lambat laun akan membuat tulang mereka menjadi tidak sehat lho. Penelitian sudah membuktikannya! Sebagai contoh, anak yang menghabiskan waktu di depan televisi 4-6 jam sehari, kepadatan tulangnya lebih buruk dari anak yang hanya menonton 1 jam sehari.

Nah, bayangkan jika anak osteoporosis memiliki screen time terlalu banyak. Bisa jadi osteoporosisnya bertambah parah. So, kamu perlu tegas soal ini yah, ladies!

 

Tidak Boleh Minum Soda

source: http://www.medicaldaily.com

Sebenarnya hubungan sebab akibat antara soda dan osteoporosis belum diketahui secara pasti. Namun, kamu disarankan untuk tidak memberikan soda ataupun minuman berkarbonasi kepada anak-anak. Ini dilakukan agar perhatian anak tidak teralihkan dari susu. Kalau anak sering minum soda, maka kemungkinan besar akan menolak susu. Kalau minum susunya kurang, maka zat kalsium yang masuk ke dalam tubuhnya juga berkurang.

 

baca juga

Tidak Boleh Beraktivitas Berat, Bukan Berarti Anak Tidak Bergerak

source: https://www.reddit.com

Memang anak yang menderita osteoporosis perlu mendapatkan perlakuan khusus, terutama dalam hal berolahraga. Tapi bukan berarti, anak dilarang berolahraga. Tetap biarkan anak beraktivitas fisik yang ringan, misalnya berjalan kaki maupun senam. Karena ternyata tidak berlatih ataupun bergerak, malah akan membuat penyakit osteoporosis pada anak bertambah parah lho.