Gejala Mual dan Muntah

Gejala paling umum dan langsung terlihat saat anak overdosis vitamin anak adalah mual, muntah, diare dan sakit kepala. Gejala ini bisa terjadi bila kelebihan mengonsumsi salah satu jenis vitamin. Ketika gejala tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan terjadi, penting untuk bertanya kepada anak kamu apakah dia mengkonsumsi sesuatu yang tidak biasa, termasuk lebih dari satu multivitamin. Dengan toksisitas apapun, segera hubungi dokter.

source: http://www.jitunews.com


 

<baca juga>

Perubahan Penampakan Kulit

Dengan overdosis vitamin tertentu, perubahan penampilan kulit mungkin terjadi. Perubahan yang paling penting adalah kulit yang menguning, atau ikterus, yang menandakan bahwa hati berada di bawah tekanan.

Kelebihan vitamin A bisa menyebabkan kulit mengelupas. Overdosis vitamin B-3 dan B-12 dapat menyebabkan gatal dan reaksi alergi. Vitamin E dan asam folat, bila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan ruam. Carilah gejala seperti kulit kering, retak atau bibir dan gatal pada kulit meningkat.

source: https://propolis4life.wordpress.com


 

Keracunan Zat Besi

Salah satu masalah terbesar dengan overdosis pada multivitamin kunyah adalah peningkatan asupan zat besi secara mendadak. Besi bertindak sebagai racun saat dikonsumsi dalam jumlah besar. Keracunan besi adalah penyebab paling umum kematian terkait racun pada anak-anak. Awalnya, kelebihan zat besi bisa menyebabkan mual, muntah dan diare. Tetapi jika ada sejumlah besar dalam sistem anak, zat besi dapat menyebabkan kerusakan hati dan jaringan parut pada perut juga usus.

source: http://doktersehat.com


 

<baca juga>

Reaksi Kejang

Penting untuk disadari bahwa overdosis vitamin, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan reaksi yang lebih parah seperti kejang dan ketidaksadaran, kerusakan permanen pada organ tubuh dan bahkan kematian. Jika anak kamu makan makanan seimbang dan sehat, mungkin tidak perlu memberinya multivitamin setiap hari.

Jika kamu memutuskan bahwa anak kamu membutuhkan multivitamin, jauhkan botol dari jangkauannya. Didiklah anak kamu akan bahaya mengomsumsi multivitamin lebih dari satu setiap hari, meski rasanya seperti permen.

source: http://www.alodokter.com