1. Jangan Memencetnya

Jangan coba-coba memencet jerawat apapun itu karena ini akan memperparah bahkan memperpanjang proses penyembuhannya. Karena kedalaman lesi jerawat batu, memencet atau pemerasan bukanlah cara efektif. Semakin kamu menyentuh jerawat yang terinfeksi maka kondisinya akan memburuk. Jika kamu mencoba memencetnya, akan mempengaruhi struktur kulit hingga bagian dalam sehingga saat jerawat sembuh akan meninggalkan parut atau bopeng.
 

source: http://carakupunya.blogspot.com


 

2. Kompres dengan Es Batu

Anda bisa mengoleskan es batu langsung ke area jerawat batu selama beberapa detik untuk menyempitkan pembuluh darah kecil yang memberi makan jerawat yang menyakitkan ini. Es batu akan mengurangi ukuran dan kemerahan jerawat dengan cepat.

source: http://www.perawatanmuka.com


 

baca juga

3. Rutin Perawatan Kulit Sehat

- Pertahankan rutinitas perawatan kulit sederhana dan menenangkan. Hindari menggunakan pelembab berat dan mengandung pewangi. Sebelum mengoleskan pelembab setiap hari, selalu pastikan kulit kamu benar-benar bersih. Pilihlah pelembab yang bebas dari kandungan minyak dan tanpa pewarna kimia.

- Untuk mendorong perputaran dan pertumbuhan kulit yang sehat, pastikan untuk menggunakan exfoliant yang efektif namun tidak kasar dan keras. Beberapa pilihan yang baik termasuk asam glikolat dan enzim buah.
- Gunakan tabir surya sebelum terkena paparan sinar matahari. Tabir surya dengan bahan alami membantu mengurangi kemungkinan bekas jerawat.

- Gunakan produk vitamin C untuk menghilangkan bekas luka jerawat batu. Beberapa bekas jerawat batu butuh waktu berbulan-bulan untuk sembuh, namun jangan putus harapan. Bersabar adalah kuncinya.

source: http://www.cantikalamiku.com


 

4. Hindari Cermin

Sebaiknya jangan terobsesi dengan jerawat batu kamu. Semakin kamu menatapnya di cermin, semakin besar kemungkinan kamu ingin menyentuhnya dan bepikiran negatif. Yang kedua, menatap jerawat di cermin hanya akan membuat kamu terlihat dan merasa lebih buruk. Jangan terobsesi secara visual dan mental terhadap jerawat batu kamu dan pastikan kamu berpikir positif bisa mengatasi jerawat batu kamu dengan mudah.

source: http://www.cantikalamiah.com


 

baca juga

5. Cuci Handuk dan Sarung Bantal

Sesuatu yang mungkin tidak kamu pikirkan adalah handuk dan sarung bantal bisa jadi penyebab jerawat batu sulit diatasi. Untuk mengurangi kemungkinan iritasi dan sensitivitas, ini adalah ide yang sangat cerdas untuk menghindari pencucian barang-barang ini dengan deterjen dan pemutih yang kuat.

Sebagai gantinya, pilihlah produk cucian alami dan tidak diberi wewangian. Ganti handuk dan sarung bantal kamu untuk menghindari kehadiran dan penyebaran bakteri, yang hanya membuat jerawat kamu memburuk.

source: http://spreilinen.com


 

6. Diet yang Tepat

Makanan yang harus dihindari:
- Susu Konvensional: Produk susu seperti susu, keju dan es krim.
- Gula:  Gula dan makanan glikemik tinggi lainnya (seperti roti dan pasta) dan produk biji-bijian juga bisa memberi makan ragi dan candida dalam tubuh, meningkatkan kehadiran jerawat pada kulit.
- Kafein dan Cokelat: Secara khusus, overdosis kafein  dapat meningkatkan hormon stres yang dikenal dengan kortisol. Dengan mengurangi atau menghilangkan berbagai sumber kafein seperti kopi, teh dan coklat, kamu dapat membantu menjaga hormon tetap seimbang.
- Makanan rendah serat dan tinggi kolesterol

Makanan yang sebaiknya dimakan:
- Makanan kaya probiotik: susu fermentasi Lactobacillus secara efektif mengurangi total jumlah lesi jerawat mereka dan menurunkan produksi minyak selama 12 minggu.
- Makanan seng tinggi: daging sapi bakar, buncis, biji labu dan kacang mete untuk mencegah defisiensi seng.
- Makanan kaya vitamin A: kangkung, bayam, ubi jalar dan wortel melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan.
- Makanan kaya serat: sayuran, buah, kacang, biji dan oatmeal mendorong pembersihan usus serta pertumbuhan bakteri baik di usus.
- Makanan berprotein berkualitas tinggi: daging sapi, ayam organik, ikan dan telur mengandung protein dan nutrisi yang tinggi dan membantu menyeimbangkan gula darah.
- Makanan yang mendukung hati:  konsumsilah lebih banyak sayuran seperti brokoli dan kembang kol serta sayuran hijau dan buah-buahan berserat tinggi, seperti pir dan apel, untuk memperbaiki fungsi hati.

source: http://www.duniajerawat.web.id


 

7. Kurangi Stress

Seperti semua hal yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan, stres hanya memperburuk keadaan. Temukan cara untuk mengurangi stres dalam hidup kamu karena stres bisa menyebabkan tubuh melepaskan hormon yang justru membuat jerawat semakin parah. Semakin kamu rileks, akan semakin baik untuk kulit kamu. Cobalah penghilang stres alami untuk membantu memperbaiki kulit kamu.

source: http://infosahabat.com


 

8. Istirahat yang Cukup

Tidur yang layak setiap malam dapat membantu memperbaiki kesehatan kamu secara keseluruhan. Termasuk menyeimbangkan kadar hormon dan mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat batu. Kamu juga memberi waktu jerawat kistik kamu untuk sembuh tanpa gangguan.

source: http://www.gulalives.co