Untuk Ibu muda yang akan menghadapi proses melahirkan sesar sebaiknya kenali lebih jauh yuk pemulihan pasca operasai sesar yang akan kamu hadapi nanti. Simak ulasannya di bawah ini.



1. Istirahat yang Cukup
 
Sadarilah bahwa tubuhmu belum cukup stabil untuk melakukan aktiftas fisik yang terlalu berat. Konsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin yang tinggi agar luka bekas caesar cepat sembuh dan kering.
 

source: http://hasa.co.il



2. Berjalan-jalan Ringan

Rasa nyeri pasca operasi sesar memang mengganggu aktifitas, namun moms harus tetap begerak agar sirkulasi darah berjalan lancar. Selain itu dengan berjalan-jalan kecil juga akan memulihkan otot-otot yang kaku pasca melahirkan.
 
source: http://thenatpath.com
baca juga



3. Jangan Berhubungan Sex

Pasca melahirkan melalui operasai sesar sebaiknya moms jangan dulu melakukan hubungan sex sekitar 5-6 minggu. Selain bekas luka sesar yang belum cukup pulih, organ sexual juga membutuhkan waktu untuk pemulihan.
 
source: https://fthmb.tqn.com



4. Rawat Luka Bekas Operasi Sesar

Rawatlah bekas luka operasi sesar dengan baik dan benar denga cara mengganti perban sesuai waktu yang ditentukan dokter. Gunakan obat atau krim tertentu yang dianjurkan dokter agar luka cepat mengering. Selain itu jangan dulu melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat untuk menghindari terbukanya kembali jahitan bekas operasi.
 
source: https://hellosehat.com