Agar dapat menjalani persalinan lancar saat waktunya tiba, Ibu hamil harus menjaga asupan gizi dan juga melakukan gerakan fisik agar proses persalinan tak menemukan kendala. Berikut ini beberapa tips menjaga janin pada trimester ketiga kehamilan. Yuk disimak!



1. Stop Junk Food

Menjaga pola makan adalah hal yang paling penting dilakukan oleh wanita yang sedang hamil, terlebih pada trimester ketiga kehamilan. Sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi junk food saat hamil, karena makanan cepat saji terlalu banyak mengandung garam dan lemak tidak baik. Hal tersebut bisa menyebabkan penyumbatan aliran darah.
 




2. Lakukan Peregangan

Melakukan gerakan fisik seperti peregangan saat trimester ketiga kehamilan sebaiknya sering dilakukan. Gerakan sederhana seperti menggerakan kaki, pinggul dan paha akan melancarkan peredaran darah yang melemaskan otot-otot paha dan pinggul. Lakukan setiap pagi sehabis mandi atau pada sore hari.
 
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com
baca juga



3. Bersikap Tenang

Meski waktu persalinan semakin dekat, usahakan untuk tetap mengontrol rasa khawatir dan stress. Perasaan mendebarkan memang kerap kali timbul menjelang proses melahirkan, namun jika tidak bisa mengontrol maka akan berpengaruh pada tensi darah.
 

source: https://ak8.picdn.net



4. Banyak Konsumsi Kalsium

Pada trimester ketiga kehamilan perbanyaklah mengkonsumsi makanan mengandung kalsium tinggi seperti susu, kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Untuk menjaga proses pencernaan dan menjaga serat dalam tubuh, konsumsi buah-buahan yang cukup.
 
source: https://ak6.picdn.net