Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum 37 minggu atau sembilan bulan usia kehamilan ibu. Bayi prematur memerlukan perhatian dan perawatan ekstra dibandingkan dengan bayi yang lahir secara normal. Pasalnya, organnya belum berfungsi secara normal dan umumnya perlu ditempatkan di inkubator untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Lalu, bagaimana cara ibu memberikan ASI kepada bayi prematur jika Si Kecil harus berada di inkubator?

Ya, hal tersebut memang kerap menjadi pertanyaan para ibu. Tak sedikit ibu yang merasa kebingungan memberikan ASI kepada sang buah hati, ditambah lagi kemampuan dan organ tubuh bayi yang belum sempurna tentu saja menyulitkan ibu untuk memberikan ASI kepada Si Kecil.
 

source: http://www.mamaway.co.id




Apakah bayi prematur bisa diberi ASI?

Karena organ dan kemampuannya yang belum sempurna, terlebih lagi bayi prematur harus mendapatkan perawatan di dalam inkubator. Banyak ibu yang bertanya, apakah bayi prematur bisa diberi ASI?

Sama seperti bayi yang lahir secara normal, bayi prematur juga membutuhkan ASI sebagai makanannya dan sebagai energi pertama yang masuk ke dalam tubuhnya setelah ia lahir. Selain itu, ASI penting diberikan kepada bayi prematur untuk membantu perkembangan sistem pencernaannya yang belum matang serta melindunginya dari infeksi.

Penting diketahui bahwa sebaiknya jangan memberikan bayi prematur susu formula, karena susu formula juga akan berisiko membuat bayi terserang necrotising enterocolitis yaitu bagian usus bayi akan mengalami nekrosis atau kematian jaringan yang tentu saja akan membahayakan kesehatannya. Sebisa mungkin usahakan bayi menerima ASI sebagai makanan pertamanya, walaupun banyak hal menghalangi.
 

source: http://www.familyguideindonesia.com
baca juga




Kapan bayi prematur bisa menyusui secara langsung?

Belum sempurnanya organ dan kemampuan bayi prematur memang dapat menyulitkan bayi untuk menyusui secara langsung. Umumnya bayi prematur membutuhkan bantuan melalui botol susu saat ingin menyusui. Biasanya disebabkan oleh daya hisap bayi prematur yang belum sempurna.

Namun, kondisi tersebut tergantung dari usia kandungan ibu saat melahirkan Si Kecil serta kesehatan bayi. Tetapi bayi prematur tetap membutuhkan ASI sebagai makanannya. Karena itu, mulailah ajarkan bayi untuk menyusu langsung di payudara Ibu dengan sabar. Karena saat pertama kali menyusui, bayi belum bisa mengisap dengan benar dan akan membuat ibu merasa kesakitan.
 

source: http://babydicas.com.br