Ciri-Ciri Keputihan

Hampir setiap orang pernah mengalami keputihan karena beberapa hal. Cairan yang keluar dari area vagina ini memang bukan penyakit menular, namun kondisi ini tentu akan membuatmu tak nyaman. Terlebih keputihan biasanya diiringi dengan vagina yang berbau tak sedap. Beberapa ciri-ciri keputihan yang harus kamu tahu adalah :

  • Gatal-gatal di area vagina dan sekitarnya
  • Berbau tak sedap
  • Vagina berwarna merah
  • Merasakan panas pada organ intim
  • Gangguan haid yang tidak normal
  • Terlalu banyak cairan kental yang dikeluarkan
  • Vagina yang selalu lengket dan basah
source: http://kamiashi.net

Ini dia penyebab keputihan pada wanita. Atasi segera sejak dini agar dapat disembuhkan secara tuntas.

 

Stres

Stres ternyata dapat menyebabkan keputihan pada wanita. Walaupun bukan penyakit, namun stres yang melanda pikiran menjadi salah satu faktor pemicunya. Stres juga berdampak buruk pada kesehatan, termasuk pada vagina. Akibatnya akan timbul keputihan.

Walaupun stres tidak dapat dhindari, namun dapat dicegah sedini mungkin. Kelolalah stres dengan baik agar kamu terhindari dari keputihan. Alihkan perhatianmu pada hal-hal yang lebih bermanfaat. Kamu juga dapat memanfaatkan waktu luang dengan berkumpul bersama teman untuk mengurangi stres.

source: http://health.liputan6.com


 

baca juga

Vagina yang Lembab

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat vagina menjadi lembab. Hal yang sepele namun akan menimbulkan dampak pada penyakit lain seperti keputihan. Kelembaban akan membuat vagina berkeringat dan tempat bersarangnya bakteri dan jamur tentunya. Inilah penyebab vagina menjadi lembab:

  • Penggunaan celana yang terlalu ketat, sehingga vagina tidak dapat 'bernafas' dengan baik
  • Celana dalam yang basah
  • Salah menggunakan sabun
  • Menggunakan air hangat untuk membersihkan vagina, sehingga jamur menjadi berkembang didalam vagina
  • Tidak mengeringkan vagina setelah membersihkannya
  • Penggunaan pembalut yang jarang diganti
source: https://www.vemale.com


 

Toilet Umum

Penggunaan toilet umum juga menjadi salah satu penyebab keputihan pada wanita. WC duduk menjadi pusat penularan virus, kuman dan bakteri. Ketika virus, kuman dan bakteri menempel pada WC duduk dan kamu gunakan, tak menutup kemungkinan peluang penyakit seksual timbul, termasuk keputihan. Jika kamu terpaksa menggunakan WC duduk, sebaiknya siramlah dengan air yang mengalir atau pilihlah WC jongkok agar tetap aman.

source: http://www.bintang.com


 

baca juga

Obat-Obatan

Seringkali ketika sakit, kamu hanya membeli obat-obatan bebas di toko obat atau apotik. Tanpa diketahui, obat-obatan bebas tanpa resep dokter ini ternyata dapat merusak organ reproduksi dan kesehatan organ intim, termasuk vagina. Obat yang dapat menyebabkan keputihan adalah obat antibiotik yang dikonsumsi dalam jangka panjang, sehingga mengganggu sistem imun pada organ intim, dimana ada bakteri baik  yang terdapat didalam vagina ikut terbunuh akibat antibiotik yang tidak tepat.

source: http://www.netralnews.com


 

Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti spiral juga dapat menyebabkan keputihan, dimana biasanya bagi wanita yang menggunakan spriral mempunyai cairan keputihan yang lebih banyak dibanding dengan yang lainnya. Hal ini terjadi karena spiral yang dimasukkan kedalam rahim membuat kondisi rahim menjadi berubah, sehingga rahim memberikan respon berupa flek coklat dan cairan keputihan dalam jumlah banyak.

Demikian pula halnya dengan pil KB. Pil KB dapat membuat hormon yang ada didalam tubuh menjadi terganggu. Keseimbangan hormon yang terganggu inilah yang akan menyebabkan keputihan pada wanita.

source: http://www.alodokter.com


 

Makanan Pemicu Keputihan

Penyebab keputihan pada wanita salah satunya juga dari makanan.

Makanan yang Difermentasi
Hampir semua makanan yang difermentasi dan menggunakan ragi dapat menciptakan lendir yang berlebih pada tubuh. Makanan tersebut seperti tape singkong, tape ketan, jamur, pasta tomat, dan keju.

Makanan Kaleng
Makanan kaleng yang mudah dihangatkan ternyata juga tidak baik bagi kesehatan. Makanan jenis ini mengandung banyak gula dan pengawet, dimana kedua jenis bahan tersebut dapat memicu keluarnya keputihan.

Makanan Pedas
Hampir semua orang menyukai rasa pedas. Tanpa cabai, makanan terasa hambar. Namun ternyata terlalu banyak mengkonsumsi cabai dapat menyebabkan keputihan

Makanan Tertentu
Makanan tertentu seperti timun, nanas, pisang dan anggur yang dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu keputihan. Walaupun semua buah tersebut mempunyai vitamin C yang tinggi, sebaiknya batasi dalam mengkonsumsinya ya, ladies.

source: http://fakta.co.id