Apa Itu Bayi Tabung?

Bayi tabung atau In-Vitro Fertilization (IVF) secara sederhana adalah proses pembuahan sel telur oleh sperma yang dilakukan di luar tubuh si ibu. Dengan kata lain, proses pembuahan ini tidak dapat dilakukan secara natural yang biasanya langsung terjadi di indung telur milik si ibu. Selain itu, proses pembuahan antara sperma dan sel telur biasanya dilakukan di dalam tabung. Oleh sebab itulah disebut dengan bayi tabung.

source: https://id.pinterest.com


 

Beberapa Alasan di Balik Bayi Tabung

Terdapat beberapa penyebab mengapa proses pembuahan harus dilakukan di luar tubuh alias bayi tabung. Di antaranya adalah gangguan pada tuba falopi, sperma yang tidak mampu melewati leher rahim, masalah kesuburan, dan lainnya. Setiap orang tentu memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Beautynesian tentu perlu melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter, ya.

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Beberapa Prosedur IVF

Biasanya dilakukan beberapa prosedur dalam proses bayi tabung ini. Seperti menyuntikkan hormon untuk memroduksi sel telur, uji darah, serta beberapa tahap untuk membantu mematangkan sel telur. Kemudian, sel telur yang sudah matang tersebut diambil untuk segera dipertemukan dengan sel sperma pasangan.

Setelah itu, dari pertemuan sel telur dan sel sperma tersebut, terbentuklah embrio yang akan matang. Setelah matang, embrio tersebut "dikembalikan" ke dalam tubuh si ibu untuk dapat berkembang di dalam rahim ibu. Kira-kira seperti itulah proses singkat bayi tabung. 

source: https://id.pinterest.com


 

Pros and Cons

Tentu proses ini memiliki resiko juga keuntungan terhadap pelaku bayi tabung. Pertama, tentu bayi tabung ini belum tentu berhasil atau berisiko keguguran. Selain itu, dapat pula bayi lahir secara prematur. Namun, tentu saja ada proses bayi tabung yang berhasil dengan kelahiran anak yang normal dan sehat. Tentu proses bayi tabung tidak hanya memakan biaya, tetapi juga tenaga serta waktu.

source: https://id.pinterest.com