Ciptakan Suasana Aman dan Nyaman

Saat kamu akan mulai melatih anak untuk berjalan, pastikan suasana mood anakmu sedang dalam kondisi yang baik. Misalnya dengan memastikan lantai tempat anak akan belajar melangkah bersih dan tidak licin.

Hindari segala kemungkinan bahaya yang dapat membuat anak trauma belajar berjalan. Jatuh sedikit adalah hal biasa, tetapi menghindari hal yang lebih berbahaya perlu untuk dilakukan sebagai bentuk antisipasi.
 

source: http://babyabout.net/



 

baca juga

Pastikan Anak Menggunakan Pakaian dan Sepatu Yang Nyaman

Saat anak belajar berjalan, pastikan baju dan sepatu yang ia kenakan tidak menghalanginya untuk melangkah dan menjaga keseimbangan. Baju yang terlalu besar atau celana yang mudah melorot akan sangat berisiko membuat anak tersandung. Sepatu yang kebesaran juga dapat membuat langkah anak menjadi lemah sehingga sulit untuk seimbang.
 

source: https://www.bundoo.com/



 

Rangsang dengan Mainan

Gunakan mainan untuk memancing anak bergerak, merangkak, berdiri, hingga melangkah. Ada banyak mainan yang dirancang khusus untuk melatih anak berjalan. Namun, jika kamu tidak memilikinya, kamu dapat menggunakan mainan kesukaannya untuk memancing anak bergerak menuju mainannya dengan cara berjalan.
 

source: http://www.ababyonboard.com/



 

baca juga

Pastikan Berat Badan Anak Ideal

Pastikan anakmu memiliki berat badan yang ideal. Jika terlalu gemuk, anak akan kesulitan dalam mengangkat bobot tubuhnya. Selain itu, anak juga akan lebih mudah kehilangan keseimbangan sehingga menjadi lebih sulit baginya untuk melangkah.
 

source: http://baby.healthguru.com/


Nah, itulah tips untuk melatih anak belajar berjalan. Ketahuilah bahwa perkembangan tiap anak berbeda. Jangan paksakan anak untuk melakukan suatu hal yang memang belum sanggup ia lakukan. Latih secara rutin dan perlahan adalah solusi terbaik tanpa harus memberikan tekanan pada anak. Semoga bermanfaat, ya!