Bayi Usia 0-3 Bulan

Diawal kelahirannya, bayi akan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Untuk dua bulan pertama, bayi akan menghabiskan waktu tidur total 16 jam per hari dengan rincian tidur siang selama 7,5 jam dan tidur malam selama 8,5 jam.

source: http://buahhati.co.id

Namun, ketika memasuki usia 3 bulan, akan ada sedikit perubahan waktu tidur bayi menjadi total 16 jam. Di usia ini, bayi akan tidur siang dengan waktu yang lebih singkat, yaitu 5 jam dan lebih lama di malam hari dengan lama tidur 10 jam.

 

Bayi Usia 3-6 Bulan

Memasuki usia 4 bulan, lama tidur siang bayi akan sedikit berkurang menjadi 4 jam. Sebagai gantinya, waktu tidur malam akan bertambah menjadi 11 jam. Kemudian, di usia 6 bulan, bayi akan kembali berkurang waktu total tidurnya menjadi 14,5 jam dengan rincian waktu tidur siang selama 4,5 jam dan waktu tidur malam selama 10 jam.
source: https://health.detik.com


 

baca juga

Bayi Usia 6-9 Bulan

Nah, di usia 6 memasuki 7 bulan, jam tidur bayi akan kembali mulai berkurang menjadi total 14 jam, dengan rincian 4 jam untuk tidur siang dan 10 jam untuk tidur malam hari.

source: http://pondokibu.com

Sedangkan saat berusia 9 bulan, bayi yang sudah mulai aktif tengkurap dan merangkak akan lebih banyak menghabiskan waktu siang hari untuk bermain. Karena itu, saat usia 9 bulan, waktu tidur siang bayi akan berkurang menjadi 3 jam, dan tidur malam bertambah menjadi 11 jam.

 

Bayi Usia 9-12 Bulan

Bayi yang semakin aktif bergerak akan lebih senang menghabiskan waktu siangnya dengan bermain. Hal ini membuat waktu tidur bayi akan semakin berkurang meskipun tidak terlalu signifikan. Biasanya waktu tidur siang akan menjadi lebih sedikit, dan akan terjadi penambahan waktu tidur di malam hari. 

source: http://m.metrotvnews.com

Bayi yang memasuki usia 10 hingga 12 bulan akan menghabiskan waktu tidur siang selama 2 jam dan waktu tidur malam selama 11 jam.

Nah, itulah rata-rata waktu tidur ideal untuk bayi usia 0-12 bulan. Pastikan bayimu tidur dengan waktu yang cukup agar tidak rewel, ya!