Mitos Memilih Bantal Bayi

Banyak yang beranggapan bahwa bantal bayi berpengaruh pada bentuk kepala bayi. Informasi tersebut membuat adanya anggapan bahwa bayi sebaiknya menggunakan bantal yang berbentuk U untuk tidur agar kepalanya akan terbentuk menjadi bundar dan sempurna. Di lain pihak, banyak pula yang menyarankan penggunaan bantal yang tinggi akan menyebabkan kepala bayi menjadi miring atau peyang.

source: http://www.momjunction.com

Padahal, bayi ketika lahir pada umumnya memang tidak memiliki bentuk kepala yang sempurna dan seiring berjalannya waktu kepala bayi akan terbentuk sempurna dengan sendirinya. Hal ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan pemilihan bentuk bantal untuk tidur bayi.

 

Bahaya Penggunaan Bantal Tidur Bayi

Faktanya, para dokter anak sebenarnya menganjurkan para orang tua untuk tidak menggunakan bantal pada bayi yang baru lahir hingga ia genap berumur 1 tahun. Hal ini disebabkan bantal yang menyangga kepala dapat menyebabkan bayi sesak napas.

Selain itu, bayi juga menjadi kesulitan menggerakkan kepala sehingga ketika bayi gumoh muntahan akan tetap berada di dalam mulut dan menimbulkan risiko tersedak. Hal inilah yang sering mengakibatkan terjadinya SIDS atau Sudden Infant Death Syndrom yang biasa dikenal dengan kematian mendadak pada bayi.

source: http://nakita.grid.id


 

baca juga

Tips Penggunaan Bantal Bayi

SIDS biasanya terjadi saat bayi tertidur atau ketika kurang mendapatkan pengawasan dari orang tua dan keluarga. Oleh karena itu, penggunaan bantal sebaiknya lebih diawasi dan berhati-hati dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Gunakan bantal yang tipis dan rata dengan tubuh bayi
  2. Jauhkan bantal ketika bayi sedang tertidur
  3. Pilih bantal dengan isi yang tidak menyebabkan alergi pada bayi
  4. Selalu bersihkan bantal yang digunakan oleh bayi
  5. Gunakan sarung bantal yang halus, lembut dan polos tanpa hiasan manik-manik
  6. Periksa bantal secara rutin, untuk mengecek apakah ada sisi yang robek
source: https://www.netmums.com


 

Menjadi Orang Tua Siaga

Tetaplah waspada pada kondisi bayi meskipun sedang tidur. Pastikan bayimu berada pada tempat yang aman dengan posisi yang nyaman untuk bergerak dan bernafas. 

source: https://www.babycenter.com

Perawatan bayi memang tidak mudah, tetapi menjadikan kewaspadaan sebagai kebiasaan tentu akan meminimalkan risiko yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk merawat keluarga tersayang.