Mengurangi Rasa Lesu

Berat kandungan yang terus bertambah menjadi salah satu alasan mengapa seorang ibu hamil sangat mudah kelelahan dan lesu saat beraktivitas. Dengan mengikuti program senam hamil, kamu akan melakukan gerakan ringan yang dapat melatih jantung agar tubuh tidak mudah lelah.

source: http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com


 

Membantu Mengurangi Stres

Hormon endorphin yang dihasilkan tubuh saat seorang ibu hamil berolahraga mampu mengurangi risiko stres dan rasa khawatir berlebih menjelang persalinan. Selain itu, senam hamil juga dapat meningkatkan kualitas tidur ibu sehingga dapat beristirahat dengan nyenyak. 

source: http://dedaunan.com


 

baca juga

Mengurangi Resiko Obesitas Saat Dan Sesudah Kehamilan

Meskipun penambahan berat badan memang harus dialami oleh ibu hamil, kamu tetap harus mampu memantaunya agar tidak berlebihan. Dengan rutin melakukan senam hamil, kamu akan mampu membakar lemak yang tidak dibutuhkan. Namun, kamu harus ingat untuk tetap menjaga asupan gizi yang lengkap dan seimbang untuk kesehatan ibu dan bayi.

source: http://mencegahpenyakit.com


 

Membantu Proses Persalinan

Terakhir, senam hamil juga sangat bermanfaat dalam membantu proses persalinan agar lebih lancar. Ini dikarenakan senam hamil mampu melatih tubuh ibu untuk siap dan kuat saat melahirkan. Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu latih saat mengikuti senam hamil di trimester ketiga kehamilan:
  1. Melatih teknik pernapasan. Latihan melakukan teknik pernapasan dalam dan panjang serta kuat akan sangat bermanfaat saat ibu menjalani proses persalinan.
  2. Melatih kekuatan elastisitas otot. Memperkuat serta melatih elastisitas otot-otot pada dinding perut akan sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi keluhan sakit pada area sekitar bokong, perut bagian bawah serta keluhan sakit akibat wasir.
  3. Melatih proses relaksasi. Saat persalinan, ibu harus mampu melakukan relaksasi setiap menunggu kontraksi yang datang silih berganti. Ini sangatlah penting untuk memastikan energi ibu tetap tersedia saat kontraksi semakin keras.
source: https://id.theasianparent.com

Nah, itulah manfaat yang dapat kamu rasakan dengan rutin melakukan senam selama trimester ketiga kehamilan. Semoga bermanfaat, ya!