Batasi Waktu Bermain Gadget Pada Anak

Meskipun dalam pengawasan orang tua, kamu tetap harus membatasi waktu penggunaan gadget pada anak. Idealnya, anak hanya diizinkan untuk bermain gadget saat hari libur. Itupun hanya terbatas selama 1 hingga 2 jam saja. Selebihnya, ajak anak menggunakan waktu luang untuk membaca atau melakukan hobi lain untuk meningkatkan kreativitas dan ketangkasan anak.

source: https://www.videoblocks.com


 

Periksa Setiap Permainan dan Aplikasi Pada Gadget Anak

Awasi setiap permainan dan aplikasi pada gadget anak. Pastikan semuanya masuk dalam kategori permainan dan aplikasi anak. Hindari memperkenalkan media sosial pada anak usia dini sebab kamu perlu memastikan bahwa anakmu siap untuk menerima informasi yang tak terbatas di aplikasi tersebut. 

source: https://www.nytimes.com


 

baca juga

Ikut Serta dalam Permainan Anak

Jangan biarkan anak bermain sendirian sedangkan orang tua hanya menemani di sebelah. Ikutlah bermain dengan anak. Selain membuat suasana lebih menyenangkan, bermain game bersama anak juga mampu mempererat hubungan anak dan orang tua. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu bermain bersama anak.

source: http://www.nintendo.com


 

Ajak Anak Berdiskusi Setelah Bermain Gadget

Setelah waktu yang diberikan habis, sempatkan waktu untuk berdiskusi tentang pendapat anak mengenai bermain gadget. Tanyakan apa perasaannya saat bermain gadget, dan tanyakan juga tentang aktivitas lain yang tak kalah menyenangkan.

Sadarkan ia sejak dini tentang penggunaan gadget yang dapat menciptakan ketergantungan secara perlahan. Bangun pertahanan diri yang kuat untuk dapat menjadi individu yang tidak bergantung pada gadget sejak dini.

source: http://www.huffingtonpost.com


Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mendampingi anak bermain gadget. Memastikan anak tidak gagap teknologi juga sangat penting, tetapi memberikan arahan dan pengawasan yang sesuai dan tepat adalah hal yang tidak boleh terlupakan. Semoga bermanfaat, ya!