Ketahui Tahapan Perkembangan Anak Sesuai Usia

Gadget pada dasarnya diperkenalkan pada anak untuk membantu merangsang perkembangan serta kecerdasan anak. Akan tetapi, bukan berarti pemberian gadget harus dimulai sejak dini. Sebab, anak harus melalui tahapan pembelajaran tersendiri di tiap usia yang dilalui sejak lahir.
 

source: https://www.pinterest.com/pin/7459155610396171/


Misal, pada usia 0-1 tahun, fokuskan anak pada perkembangan motorik dan sensoriknya. Berikan anak mainan berupa balok, kereta dorong, atau mainan anak lain yang dapat mengembangkan gerak motorik dan kreativitasnya.

Dilanjutkan dengan anak usia 2 tahun yang mulai diperkenalkan pada gambar dan bentuk. Kemudian, usia 3 tahun dengan memberikan buku untuk mengasah kemampuan verbal anak.


 

baca juga

Bahaya Gadget Bagi Anak Balita

Meskipun banyak sekali permainan mengenai gambar, bentuk, dan verbal yang terdapat pada gadget, kamu tetap harus mewaspadai bahaya radiasi monitor pada mata anak. Layar Monitor dapat merusak mata anak dengan radiasi yang sangat keras. Oleh sebab itu, hindari untuk memperkenalkan anak pada gadget sebelum usianya 5 tahun.
 
source: https://www.digitaltrends.com/


Disamping itu, gadget juga sangat berbahaya bagi anak balita sebab dapat menimbulkan ketergantungan yang berlebih. Anak dapat menjadi rewel dan bergantung pada gadget setiap saat. 


 

5 Tahun Usia Ideal

Meskipun tiap anak memiliki perbedaan perkembangan, lima tahun adalah usia rata-rata untuk anak mulai diperkenalkan pada gadget. Akan tetapi, pastikan penggunaannya tetap dalam pengawasan orang tua.

Berikan batas waktu tertentu dengan pengawasan terhadap aplikasi apa saja yang dibuka oleh anak. Berikan pemahaman tentang disiplin waktu termasuk dalam mengatur waktu bermain gadget.
 

source: http://smarted.co/



 

baca juga

Gadget Khusus Anak

Siapkan satu gadget khusus anak yang sudah dibersihkan dari berbagai aplikasi yang dirasa belum waktunya untuk diperkenalkan. Kamu dapat mengunduh beragam aplikasi permainan anak untuk membantu mengasah kemampuan visual, verbal, serta kreativitas anak. 
 

source: http://www.solusisehatku.com/


Pastikan beragam aplikasi media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya sudah kamu hapus. Hal ini penting untuk memastikan anak hanya fokus pada hal-hal yang bermanfaat saat menggunakan gadget.


 

Buat Peraturan Keluarga yang Harus Dipatuhi Bersama

Tantangan terakhir adalah ketika balitamu memiliki kakak yang sudah berusia jauh lebih tua dan terbiasa dengan gadget, atau keberadaan orang dewasa lain yang juga sering bermain gadget.

Pastikan kamu sudah membuat peraturan tentang penggunaan gadget agar anak balitamu juga mendapatkan lingkungan yang kondusif di rumah. Larang penggunaan gadget untuk menghentikan tangisan anak. Biasakan bersosialisasi di rumah dan tinggalkan gadget saat sedang kumpul bersama keluarga.
 

source: http://www.femalefirst.co.uk


Itulah tips memperkenalkan gadget pada anak yang dapat kamu terapkan di rumah. Semoga bermanfaat, ya!