Metode Self Soothing

Metode yang pertama ini dapat kamu coba untuk membiasakan jadwal tidur bayi serta menenangkan rasa kantuknya secara verbal. Kamu dapat memulainya dengan memandikan bayi dengan air hangat. Setelah itu, kondisikan lingkungan sekitar sehingga bayi berada dalam ruangan yang sunyi dengan lampu redup. Berbicaralah pada bayi secara lembut dengan menceritakan hal-hal menarik padanya.

source: https://www.nestedbean.com

Hal ini mampu membuat bayi terbiasa dengan suara kamu untuk menenangkannya. Dengan begitu, tidur bayi akan menjadi semakin lelap setiap kali mendengar suaramu berbicara lembut untuk menidurkannya.

 

Metode No Cry

Metode yang kedua adalah solusi untuk kamu yang ingin mengurangi tangisan pada bayi di malam hari. Pada dasarnya, metode ini adalah sebuah cara untuk mempererat hubungan ibu dan bayi. Dengan menjalin kedekatan tersebut, tidur bayi akan menjadi semakin nyenyak dan mudah dikendalikan selama kamu berada di sisinya.

source: http://vevnews.blogspot.com

Untuk melakukan metode ini, bangun kedekatanmu dengan bayi dengan membiasakan tidur bersama. Amati kebiasaan bayimu saat terbangun di malam hari, apakah ia akan langsung tidur kembali atau menangis. Jika menangis, dekap dan cium bayimu dengan kelembutan, lalu berikan ASI hingga ia tertidur kembali. Pastikan kamu sudah memberikan suasana yang nyaman untuknya tidur.

 

baca juga

Metode Ferberizing

Metode yang satu ini dapat kamu coba lakukan pada bayi yang sudah cukup besar. Langkah yang kamu lakukan adalah dengan membiarkan bayi menangis saat menjelang waktu tidurnya. Biarkan bayimu menemukan sendiri posisi yang nyaman untuk tidur.

Lakukan secara bertahap, misalnya dengan membiarkan selama 5 menit, kemudian lanjutkan dengan menenangkannya dengan suara lembut tanpa menggendongnya. Kemudian biasakan dalam waktu yang lebih lama, hingga bayi terbiasa untuk tidur sendiri.

source: https://www.babycenter.com


 

Metode Long Good Bye

Metode yang terakhir dapat kamu lakukan dengan membiasakan bayi tidur pada ranjangnya sendiri. Jika bayi menangis, kamu cukup menepuk-nepuk pahanya perlahan agar tenang. Kunci saat melakukan metode ini, jangan terlalu terburu-buru merespon setiap tangisan bayi. Tenanglah dan respon keresahan bayi dengan lembut.

source: http://www.apakabardunia.com

Nah, itulah metode menidurkan bayi yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat, ya!