Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, mulai dari menggunakan bahan alami maupun melakukan perawatan di salon kecantikan atau dokter. Dari sekian banyak perawatan, sebagian besar orang lebih memilih cara yang alami untuk mencerahkan kulit. Alasannya, beberapa orang memiliki kulit yang sensitive sehingga jika sembarang menggunakan bahan kimia dapat menimbulkan alergi. Nah berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit secara alami.

1. Jeruk Nipis

Antioksidan dalam jeruk nipis dapat mencerahkan warna kulit secara alami. Tak hanya itu, jeruk nipis juga mampu mengecilkan pori-pori sehingga menjadi pilihan tepat bagi wanita yang memiliki masalah pori-pori besar. Caranya adalah dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan putih telur. Gunakan sebagai masker dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lebih efektif digunakan sebelum tidur secara rutin seminggu 3 kali untuk hasil memuaskan.

2. Bengkuang

Mengandung vitamin B1 dan C, bengkuang bermanfaat untuk menghilangkan flek serta noda hitam pada kulit wajah. Khasiat lainnya adalah, buah yang satu ini dapat menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah bersinar. Gunakan bengkuang yang sudah dikupas kulitnya kemudian diparut dan peras airnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga menghasilkan endapan putih. Gunakan endapan putih tersebut sebagai masker wajah. Oleskan pada wajah lalu diamkan hingga mongering, dan bilas dengan air.

3. Susu

Selain jeruk dan bengkuang, susu juga dapat membuat kulit wajah putih berseri. Susu berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membantu mencerahkan waran kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengaplikasikan susu kental atau creamer secukupnya. Oleskan ke wajah menggunakan kain halus atau kuas. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas. Minasan dapat menggunakannya sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.