1. Tenang dan Percaya Diri Sebelum Menggendong Bayi

Bayi bisa merasakan jika kamu merasa tidak nyaman atau kesal. Memeluk bayi untuk pertama kalinya bisa sangat mengerikan bagi sebagian orang. Kamu hanya perlu ingat bahwa kamu dapat menggendongnya dengan perasaan bahagia karena bayi itu akan lebih besar daripada kecemasan yang kamu miliki. Kamu tetap harus berhati-hati saat menggendong bayi karena tubuh bayi tidak sekuat kamu.

source: https://health.detik.com


 

baca juga

2. Dukung Kepala Bayi dan Bagian Bawahnya

Kepala bayi yang baru lahir adalah bagian terberat dari tubuh mereka. Kepala dan leher bayi membutuhkan dukungan maka berhati-hatilah. Biasanya kamu akan memegang kepala dengan lembut dengan satu tangan. Gunakan lengan kanan untuk meraup bagian bawah bayi. Lakukan ini sambil mendukung kepala dengan tangan kamu yang lain.

source: https://bramardianto.com


 

3. Lakukan Kontak Dada ke Dada

Bawa bayi itu dekat dengan dada kamu, sehingga mereka bisa meletakkan kepala mereka di dada kamu. Bayi secara naluriah merasa terhibur dengan mendengar detak jantung kamu. Tangan dan lengan kanan kamu harus menopang sebagian besar berat badan bayi, sementara tangan kiri kamu mendukung dan melindungi kepala dan leher. Pastikan kepala bayi kamu menghadap ke satu sisi sehingga selalu dapat bernapas.

source: http://www.motherandbaby.co.id/article/2013/7/9/536/Trik-Menggendong-Newborn
baca juga

4. Nikmati Ikatan dengan Bayi

Memegang bayi bisa sangat menyejukkan baik untuk kamu maupun si kecil. Ini adalah saat yang tepat untuk menyanyikan bayimu, membaca bayi, dan menghibur bayinya sampai saatnya makan, perubahan popok, atau tidur siang. Kamu perlu berpindah tangan dari waktu ke waktu.

Bila kamu melakukan ini, ingatlah untuk selalu memegang satu tangan di bawah kepala bayi saat kamu berpindah tangan. Dengarkan bayi kamu. Setiap bayi memiliki preferensi sendiri untuk bagaimana mereka ingin dipegang. Jika bayi kamu menangis atau rewel, cobalah beralih ke posisi memegang yang berbeda.

source: https://www.vemale.com