Terkadang perawatan bayi memang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi saat mengganti popok. Belum lagi ketika si bayi rewel. Makanya, kamu perlu tahu langkah yang paling tepat saat mengganti popok bayi supaya bisa membuat si kecil nyaman dan kamu pun tidak stres. Yuk, ikuti langkah yang tepat seperti berikut!

1. Persiapkan Peralatan Mengganti Popok yang Lengkap

Sebelum mengganti popok, pastikan kamu sudah mempersiapkan alat-alat seperti berikut ini.
 

  • Popok ganti dalam kondisi bersih
  • Tisu basah atau kapas untuk mengelap bokong bayi
  • Handuk
  • Kantong plastik untuk membuang popok kotor
  • Krim untuk mencegah ruam popok
  • Kain tambahan untuk mengantisipasi cipratan urin untuk bayi laki-laki
  • Minyak telon atau baby oil
source: http://lifestyle.kompas.com


 

baca juga

2. Pastikan Lokasi Mengganti Popok Nyaman dan Aman

Mengapa lokasi mengganti popok bayi perlu diperhatikan? Karena untuk mencegah bakteri tersebar saat kamu membersihkan poop si kecil waktu mengganti popok. Pilihah ruangan khusus, boleh di kamar mandi atau si kecil. Namun pastikan tempat mengganti popok juga aman dan nyaman ya. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, jangan pernah tinggalkan bayimu di atas meja ganti popok meskipun hanya sekejap ya! 

source: http://magazine.orami.co.id


 

3. Pastikan Si Bayi Sudah Tuntas Buang Air

Sebelum kamu mengganti popoknya, pastikan sang bayi sudah benar-benar tuntas buang air. Jangan sampai begitu kamu sudah mengganti popok, namun si kecil malah poop lagi. Pastinya sangat merepotkan ya. Usap-usap dulu perut si bayi dengan menggunakan minyak telon.

source: http://www.mybaby.co.id


 

baca juga

4. Bersihkan Bokong Bayi dengan Halus

Karena bokong bayi memiliki kulit yang sensitif, kamu harus membersihkannya dengan halus dan menggunakan kapas atau tisu basah. Bersihkan dari bagian depan ke belakang, jangan sebaliknya, untuk menghindari infeksi saluran kencing bagi bayi perempuan. Nah, untuk bayi laki-laki, kamu bisa menggunakan kain sebagai alas agar tidak terkena urin jika si bayi pipis.

source: http://bestsling.blogspot.co.id/


 

5. Oleskan Krim untuk Mencegah Ruam

Setelah kamu memastikan badan si bayi bersih, keringkan bagian tubuh yang masih basah terkena air, pastikan benar-benar kering dengan menggunakan handuk lembut. Sebelum memasangkan popok bersih, oleskan dulu krim khusus bayi untuk mengurangi kemungkinan lecet atau ruam pada kulit. Lalu, jangan lupa untuk membuang popok bekas di tempat yang tertutup ya, mommy!

source: https://hellosehat.com

Good luck!