Warna Pastel untuk Dinding

Hindari menggunakan warna-warna berat seperti merah, hitam, atau biru tua untuk digunakan sebagai warna utama cat dinding. Gunakan cat dinding dengan warna-warna cerah seperti putih, kuning, ungu muda, dan sebagainya.
source: http://blog.craneandcanopy.com/post/37050261365/how-to-make-a-room-appear-larger
Dalam hal ini, utamakan warna-warna cerah atau warna pastel sebagai warna utama. Jika ingin menggunakan warna gelap gunakan hanya sebagai aksen atau pada ornamen.
source: http://desainrumahminimaliss.com/desain-kamar-tidur-kecil/
Dan jika warna ini dikaitkan dengan pengaruh kepada perasaan atau suasana hati seseorang, maka warna pastel dapat membuat suasana yang rileks dan tenang. Oleh sebab itulah, saat ini warna pastel banyak digunakan sebagai warna cat untuk eksterior rumah maupun interior rumah seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, maupun ruang makan.
source: http://www.rumahinterior.co.id/200/desain-kamar-tidur-anak-perempuan-warna-pastel/
Selain itu, menggunakan cerah misalnya biru terang atau hijau muda juga akan membuat ruangan lebih terang sekaligus menciptakan nuansa kesegaran yang menyenangkan. Warna tersebut bisa dijadikan sebagai aksen atau dapat pula mengaplikasikannya sebagai warna utama yang dominan. Menggunakan warna ungu juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mensiasati ruang dengan ukuran sempit.
source: http://edupaint.com/warna/pengaruh-warna/6683-warna-cerah-siasati-ruangan-sempit.html
Tambahkan wallpaper dinding untuk menambah kesan rapi.
source: http://www.allaboutyou.com/home/bedroom/bedroom-decorating-ideas-paint-colours-wallpaper-carpets?page=6
Jika ingin suasana yang berbeda, bisa tambahkan dengan wallpaper dinding. Pilih motif wallpaper dinding yang minimalis atau bermotif klasik. Motif yang minimalis akan lebih membuat kamar Anda rapi dan luas.
source: http://dekorasikamar.com/tips-menata-dekorasi-kamar-minimalis-yang-sempit/

Furnitur Multifungsi

Jangan memilih perabot tunggal yang hanya berfungsi untuk satu jenis seperti lemari buku. Pilihlah perabot multifungsi atau meja yang diselipi rak buku.
source: http://smalltowncraftfair.blogspot.com/2011/09/unique-book-shelf.html
Dengan menggunakan furnitur multifungsi suasana ruangan akan terlihat lebih lapang yang memberi rasa leluasa bagi penghuninya.
source: http://edupaint.com/pojok-unik/pojok-unik-interior/7003-furnitur-multifungsi-untuk-ruangan-sempit.html
Perabot serba guna adalah salah satu cara termudah untuk menghemat pemakaian ruangan. Carilah jenis yang juga menyediakan ruang simpan, sebagai contoh meja kopi seperti ini dengan banyak ruang extra untuk penyimpanan buku bacaan. Kalian juga bisa berinvestasi pada futon atau sofa lipat yang dapat menjadi sofa sekaligus tempat tidur tamu.
source: http://www.lamudi.co.id/journal/kamar-mahasiswa-memaksimalkan-ruang-sempit/
Menurut arsitek dari Studio Archira, Anindya Septiasti Tedjowati, pada dasarnya furnitur multifungsi adalah furnitur yang memiliki dua fungsi atau lebih. Furnitur ini hadir sebagai jawaban atas masalah lahan sempit dan kebutuhan perabot yang mendukung berbagai aktivitas pemilik rumah.
source: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2014/12/08/furnitur-multifungsi-solusi-rumah-sempit

Organisir

Memiliki kamar sempit menuntut kita untuk memiliki kemampuan mengorganisir perabot. Minasan harus memiliki waktu luang untuk menyingkirkan barang yang sudah tidak diperlukan.
source: http://www.thegoldengleam.com/2012/01/playful-parenting-tip-4-toy-storage.html
Oleh Karena itu, sebaiknya pilih saja barang-barang yang diperlukan saja. Sehingga tidak akan terjadi penumpukan barang dan Anda pun juga akan merasa lebih nyaman saat berada di kamar.
source: http://rumahanda.net/tips-menata-kamar-tidur-sempit-agar-terasa-nyaman/
Idealnya sebuah kamar tidur hanya digunakan sebagai tempat untuk tidur dan beristirahat, bukannya sebagai tempat tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor yang belum selesai atau bahkan digunakan sebagai tempat menonton TV dan makan. Meletakkan benda-benda elektronik seperti TV, laptop dan lain sebagainya dalam kamar membuat Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan tak sehat yang memicu stres pada otak, seperti bolak-balik membuka laptop hingga larut malam, ketiduran dengan TV menyala, atau membuat kamar Anda kotor dengan remah-remah roti dan makanan yang Anda bawa ke dalamnya.
source: http://desainrumahgratis.com/trik-jitu-agar-kamar-minimalis-selalu-rapi-dan-nyaman/
Misalnya barang-barang yang ada di sudut ruangan seperti meja, pot bunga, dan lain sebagainya. Singkirkan barang-barang tersebut ke ruangan lain yang kiranya masih terdapat tempat yang lebih luas dari ruang keluarga. Selain itu pindahkan juga hiasan-hiasan dinding yang membuat dinding penuh dan kurang enak dilihat ke ruangan lain. Suasana dinding yang bersih biasanya lebih membuat perasaan nyaman dan tenang.
source: http://simemet.com/2014/11/05/desain-ruang-keluarga-minimalis/

Pencahayaan

Jika Minasan memiliki kamar sempit, usahakan agar kamar tersebut memiliki pencahayaan yang bagus. Kamar sempit akan lebih nyaman jika memiliki cahaya alami daripada memakai cahaya lampu.
source: http://www.designdazzle.com/2010/10/oh-boy-sophisticated-bedrooms/
Ini akan menghasilkan wujud ilusi pada mata, di mana Anda akan menghubungkan ruang dari luar yang tidak membatasi ruang Anda. Anda juga dapat menggunakan langit-langit untuk tujuan tersebut.
source: http://www.teruskan.com/41429/tips-memanfaatkan-pencahayaan-dalam-ruangan-kecil.html
Singkirkan tirai yang berat, ganti dengan yang ringan dan bermodel simpel. Ciptakan banyak bukaan, seperti jendela panjang atau lebar, untuk membiarkan cahaya dari luar masuk ke dalam ruang. Anda juga bisa membuat pencahayaan dari atap (skylight) di sepanjang sisi bangunan atau di atas tangga.
source: http://www.femina.co.id/waktu.senggang/interior/terasa.luas.dan.terang/006/004/63
Setiap kamar yang ada dalam rumah sebaiknya mendapat jendela yang mengarah ke ruang terbuka. Selain bertujuan sebagai sirkulasi udara, masuknya cahaya alami dalam kamar membuat suasana ruang menjadi lebih nyaman dan hangat.
source: http://www.beritasatu.com/properti/99960-tips-pencahayaan-alami-di-rumah.html

Ruang Tersembunyi

Memiliki tempat penyimpanan akan membuat Minasan lebih mudah dalam hal mengorganisir. Minasan bisa memanfaatkan ruang kosong seperti bagian sudut untuk meletakkan laci atau buatlah lemari dibalik di dinding.
source: http://loftsboston.com/boston/lofts/residential/sales/South_210_9_3
Anda dapat menciptakan sebuah ruang tersembunyi yang ditutup dengan pintu berlapis cermin. Mengapa cermin? Melalui pantulannya, cermin dapat membantu menciptakan kesan luas dalam ruang kamar tidur yang sempit. Selain dapat menciptakan kesan luas, cermin pun dapat membangun kesan terang dan cerah. Untuk menyempurnakan kesan tersembunyi pada lemari pakaian built in lapis cermin tersebut, Anda dapat menghilangkan handle pintu.
source: http://lunarfurniture.com/siasati-kamar-sempit-dengan-lemari-built-in-lapis-cermin/
source: http://behomedesign.co/search/beds+for+small+spaces+ideas
Kadang kita bingung dengan ruangan yang sempit. Padahal kita bisa memanfaatkan ruang-ruang tersembunyi diantara furniture-furniture kita, asalkan kita tahu bagaimana cara mensiasatinya. Seperti ranjang kasur dengan laci ini misalnya. Lalu kaki meja kerja yang juga berfungsi sebagai rak buku. Semua by request..
source: http://circlewoodinterior.tumblr.com/
Meskipun tersembunyi, lemari ini tidak akan tampak gelap karena di beberapa sisinya diberi penerangan lampu sebagai sumber pencahayaan.
source: http://travel.kompas.com/read/2011/06/09/19221842/%22Ruang.Tersembunyi%22.Bersiasat.di.Kamar.Sempit