1. Masjid Al-Akbar Surabaya

Jika kamu berkunjung ke kota Surabaya, sempakanlah mengunungi masjid ketiga terbesar di Indonesia ini. Masjid Agung Al-Akbar atau dikenal juga sebagai Masjid Agung Surabaya ini dibangun tahun 1995 dan diresmikan Presiden KH Abdurrahman Wahid pada 10 November 2000.

Arsitekturnya lebih mengarah ke modern dengan 45 pintu utama, 1 kubah besar dan 4 kubah kecil dengan struktur seperti daun berwarna biru dan hijau. Masjid Agung Al-Akbar ini juga memiliki lift dengan menara setinggi 99 meter. Biasanya menara ini akan ramai dikunjungi jika bulan Ramadhan ketika menunggu saat berbuka sembari menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan.

source: http://surabaya.tribunnews.com


 

baca juga

2. Masjid Agung Tuban

Meskipun tidak sebesar kota Surabaya, Tuban juga memiliki masjid kebanggaan yaitu Masjid Agung Tuban yang terletak di Kelurahan Kutarejo, Tuban. Masjid yang dulunya bernama Masjid Jami ini dibangun tahun 1894 dengan arsitektur yang menyerupai bangunan 1001 malam.

Bangunannya dihiasi ornamen-ornamen dan memiliki kubah besar berwarna biru dan kuning. Pada pintu dan mimbarnya yang terbuat dari kayu terdapat ukiran arsitektur khas jawa klasik. Hal menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah adanya Museum Kembang Putih yang letaknya tak jauh dari masjid yang menyimpan berbagai benda bersejarah seperti kitab Al-Quran kuno dari kulit, keramik Cina, pusaka, sarkofagus, dll.

source: https://ezabatiktuban.wordpress.com


 

3. Masjid Cheng Ho Surabaya

Sebagai ibukota propinsi Jawa Timur, Surabaya tidak hanya memiliki Masjid Agung sebagai tujuan wisata religi lho! Kamu juga bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi masjid unik lainnya yang diberi nama Masjid Cheng Ho.

Namanya memang ada unsur China, karena Masjid Cheng Ho Surabaya memang bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Surabaya. Nama masjid ini yang diambil dari nama laksamana asal China ini memang bertujuan sebagai bentuk penghormatan pada beliau.

source: https://ksmtour.com


 

baca juga

4. Masjid Cheng Ho Pandaan

Ternyata nih tidak hanya Surabaya yang memiliki Masjid Cheng Ho. Di Pandaan juga ada lho Masjid Cheng Ho. Jadi, kalau kamu kebetulan lebih dekat dengan kota Pandaan tidak harus jauh-jauh jika ingin melakukan wisata religi ke asjid Cheng Ho.

Lokasinya lebih mudah dijumpai dan karena berada di tepi jalan raya utama pada pertigaan arah menuju Pasuruan, Malang dan Surabaya. Wisata religi Masjid Cheng Ho di Pandaan ini juga ramai wisatawan. Jika di akhir pekan bisa mencapai 200 bus datang ke sana. Jika kamu penasaran apa sih uniknya dari masjid ini bisa langsung datang saja ya, Beautynesian!

source: http://www.skyscrapercity.com