Masalah jerawat sepertinya tidak ada habisnya dan masih menjadi topik yang seru untuk dibahas. Seperti yang kamu tahu, ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat ini, seperti hormon, pori-pori tersumbat, kulit berminyak, dan kulit wajah yang tidak dibersihkan dengan baik. Tapi di samping itu, tahukah kamu kalau faktor lingkungan tempat kamu tinggal juga bisa memicu timbulnya jerawat? Apalagi kalau kamu tinggal di daerah perkotaan, masalah jerawat pasti akan lebih sering muncul di wajah lho. 

Tapi sayangnya, masih belum banyak wanita yang belum menyadari hal ini. Faktor-faktor seperti polusi udara, penggunaan air PAM, tingkat stres yang tinggi, dan gaya hidup tidak sehat yang sangat erat dengan daerah urban ini ternyata memainkan peran penting dalam timbulnya masalah jerawat yang tidak kunjung hilang. 


Polusi Udara


source: https://careers.workopolis.com/


Tentunya kamu sudah tahu kalau udara di perkotaan sangat tidak bersahabat dengan kulitmu. Udara yang terdapat di luar ruangan terkandung debu, kotoran, dan polusi udara dari asap kendaraan. Nah, zat radikal bebas dari polusi udara beserta debu dan kotoran ini akan menempel di kulitmu dan terserap ke dalam pori-pori wajah setiap kali kamu pergi ke luar rumah. Hal ini tentunya bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit, terutama masalah jerawat karena pori-pori wajah yang tersumbat dan kotor. Apalagi kalau kamu tipikal orang yang commuting atau sering pulang-pergi menggunakan kendaraan umum dan bergulat dengan jalanan setiap harinya, kamu harus bersiap menghadapi long-term relationship dengan jerawat. 
 


Air PAM


source: http://abc7.com/


Kualitas air yang kamu gunakan setiap harinya untuk mandi dan membersihkan wajah ternyata juga memiliki peran penting dalam menjaga kecantikan kulitmu lho. Tapi sayangnya, cukup sulit untuk mendapatkan air bersih di daerah perkotaan karena sudah ada banyaknya daerah industri dan padatnya pemukiman warga yang membuat kita sulit untuk mendapatkan air tanah dengan kualitas yang baik. Karena itu, saat ini kebanyakan warga perkotaan mengandalkan air PAM untuk kebutuhan sehari-hari. Unfortunately, di dalam air PAM terdapat kandungan klorin atau kaporit yang dapat memicu jerawat dan membuat kulitmu kering. Karena itu, kamu harus lebih merawat kulitmu kalau kamu menggunakan air PAM di rumah agar jerawat tidak muncul. 
 


Tingkat Stres yang Tinggi


source: http://lifewithelizabethrose.com/


Tinggal di daerah perkotaan berarti kamu harus bersiap menghadapi tingkat stres yang lebih tinggi, ladies. Selain dibebani oleh tugas dan pekerjaan yang banyak, kemacetan jalanan di perkotaan juga bisa membuat kamu semakin stres. Belum lagi permasalahan pribadimu juga bisa menyita pikiran. Dengan tingkat stres yang tinggi ini, bisa dijamin jerawat hormon karena stres akan lebih sering muncul di wajahmu. 
 


Gaya Hidup Tidak Sehat 


source: https://blog.marketo.com/


Terakhir, hidup di perkotaan juga bisa mendorongmu untuk menjalani hidup yang tidak sehat lho, Beautynesian. Kemudahan untuk mengakses segala hal, termasuk restoran cepat saji, tempat hiburan malam, dan juga virtual entertainment seperti Netflix dan online games bisa menjadi bad influence dan membuatmu tergoda untuk mengonsumsi junkfood, alkohol, dan juga tidur larut malam. Kalau gaya hidup tidak sehat ini terus-terusan kamu lakukan, tentunya hal ini bisa membawa pengaruh buruk untuk kulitmu, termasuk jerawat. 

Karena itu, kamu memerlukan perawatan ekstra untuk menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat agar tidak timbul kembali. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan skin care dengan kandungan yang dapat melawan jerawat seperti anti-bakteri dan antioksidan. 

Nah, kamu bisa mencoba rangkaian skin care yang recommended untuk merawat dan mencegah jerawat, yaitu Garnier Pure Active Anti-Acne White. Rangkaian Garnier Pure Active Anti-Acne White merupakan skin care set yang ditunjukkan untuk mengatasi masalah jerawat dan 12 masalah kulit yang disebabkan oleh jerawat dan minyak, seperti jerawat, bekas jerawat, minyak berlebih, warna kulit tidak rata, kulit kusam, bitik hitam, kulit tidak halus, pori-pori besar, dan komedo. 
 

source: https://www.instagram.com/garnierindonesia/


Di dalam setiap rangkaian produknya terkandung anti-bakteri dan ekstrak blueberry yang merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Lalu, khusus untuk krim wajahnya, Garnier menambahkan kandungan Perlite, Salicylic Acid, dan Whitening Vitamin yang dapat mengontrol minyak, merawat jerawat, dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Plus, krim wajahnya juga dilengkapi dengan UVA/UVB Filter yang memberikan perlindungan bagi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. 

Kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah Garnier Pure Active Anti-Acne White Foam untuk membersihkan wajahmu dari debu, minyak, dan kotoran, lalu eksfoliasi sel kulit mati secara rutin dengan Garnier Pure Active Anti-Acne White Scrub, dan terakhir gunakan krim wajah Garnier Pure Active Anti-Acne White Cream untuk mengatasi jerawat dan mencegahnya agar tidak kembali lagi. Yuk, coba sekarang!

source: https://www.instagram.com/garnierindonesia/