Masjid Raya Sumatera Barat


Masjid yang berlokasi di Kota Padang ini memiliki arsitektur khas minang yaitu atapnya yang menyarupai rumah gadang. Masjid yang pembangunannya dimulai pada tahun 2007 ini baru mulai dibuka untuk umum pada awal tahun 2017 ini.

Arsitek perancang masjid ini bernama Rizal Muslimin, ia bersaing dengan 322 arsitek lainnya dari penjuru dunia hingga akhirnya memenangkan sayembara desain masjid ini. Jika berkunjung kke Kota Padang, kamu wajib kunjungi masjid yang satu ini, Beautynesian. 
 

source: http://www.gomuslim.co.id



 

baca juga

Masjid Taqwa Muhammadiyah


Masih di daerah Padang, masjid selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Masjid Taqwa Muhammadiyah. Masjid ini juga memiliki arsitekur yang unik karena tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya.

Awalnya masjid ini memiliki kubah, tapi kerena runtuhnya bangunan pertama, kemudian masjid ini dibangun kembali dengan desain seperti saat ini berdiri. Bangunan masjid sudah berdiri sejak tahun 1961, lho. Wow! 
 

source: http://www.rri.co.id



 

Masjid Raya Baiturrahman


Berbicara tentang Aceh, pasti tidak dapat dipisahkan dengan ikonnya yang satu ini. Masjid ini telah dibangun sejak jaman Kesultanan Aceh sekitar tahun 1612 Masehi. Nilai sejarah dan keunikan arsitektur masjid ini membuatnya banyak diminati oleh banyak wisatawan.

Sekilas bangunan masjid ini mirip dengan Taj Mahal di India ya, Beautynesian. Masji Raya Baiturrhman memiliki sebuah air mancur yang bergaya Kesultanan Turki Utsmani. 
 
source: http://ulinulin.com



 

baca juga

Masjid Ceng Ho


Mungkin nama mesjid ini terdengar sedikit familiar di kuping kamu. Ceng Ho adalah seorang laksamana dari kerajaan Cina yang berlayar hingga ke Indonesia, ia juga berjasa atas menyebarnya islam di Indonesia.

Palembang adalah salah satu tempat dimana Laksamana Ceng Ho singgah. Selain di Palembang, masjid Ceng Ho juga berdiri di dua kota lainnya di Indonesia yaitu di Surabaya dan Pasuruan. Semua masjid Ceng Ho ini memiliki ciri khas arsitektur bernuansa oriental.
 

source: http://palembanghistory.blogspot.co.id



 

Masjid Raya Al-Mashun


Masjid Raya Al-Mashun atau juga dikenal dengan Masjid Raya Medan berlokasi tentunya di Kota Medan. Masjid yang satu ini juga sudah berdiri sejak jaman kerajaan tepatnya pada masa Kesultanan Deli sekitar tahun 1906. Gaya arsitektur masjid ini dipengaruhi oleh gaya arsitekur beberapa negara seperti Timur Tengah, India, dan Spanyol. 
 
source: https://materislan.wordpress.com


Nah Beautynesian, itu dia 5 masjid yang bisa jadi destinasi wisata religi kamu saat berkunjung ke Pulau Sumatera. So, happy travelling Beautynesian!