Berbagai kebutuhan warna, shades, dan jenis makeup bisa berbeda, sesuai dengan skintone dan jenis kulit masing-masing wanita. Kamu dengan kulit berwarna putih pucat bisa saja menggunakan makeup dengan warna-warna muda ataupun warna yang bold seperti merah, tetapi kamu dengan warna kulit yang lebih gelap membutuhkan make up yang berbeda. Hal inilah yang menjadikan make up sedikit tricky, karena setiap shades yang tidak tepat nantinya bukan membuatmu semakin cantik tapi malah semakin aneh. Nah, untuk kamu dengan kulit sawo matang, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan makeup natural yang glowy dan cantik!


Jangan Lupa Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Kulit sawo matang, terutama dengan jenis kulit kering, bisa terlihat flaky dan tidak segar apabila tidak diberikan pelembap (moisturizer). Gunakan pelembap di sleuruh bagian wajah, kemudian lanjutkan dengan tabir surya (sunscreen) untuk perlindungan maksimal dari paparan sinar UV.
 

source: https://www.earlycare.org



Memilih Warna Alas Bedak

Masih ada kesalahan persepsi bahwa cantik itu sama dengan kulit yang putih. Salah ya, Ladies! Kamu dengan kulit sawo matang juga cantik dan perlu menonjolkan warna kulitmu yang eksotis. Karena itu, jangan gunakan foundation dengan warna yang lebih terang agar kamu terlihat lebih putih, melainkan pilih foundation dengan shade yang sesuai dengan warna kulitmu. Alternatif lain, kamu bisa coba gunakan foundation yang lebih terang hanya di bagian tengah wajah dan foundation yang menyerupai warna kulit di bagian sisanya. Hal ini bisa menimbulkan efek wajahmu terlihat lebih bersinar alias glowy, seperti efek contour dan highlight.
 

source: http://rougebeauty.co.za
baca juga



Gunakan Make Up Mata dengan Warna yang Soft

Untuk tampil natural, pilih make up mata dengan warna-warna soft yang menyerupai warna kulitmu, seperti eyeshadow berwarna coklat, pink, ataupun abu-abu. Kamu juga bisa mencoba eyeshadow dengan warna-warna lebih terang untuk makeup yang glamor khusus acara-acara formal ya!
 

source: http://www.beautybay.com



Hindari Lipstick Glossy

Kamu dengan kulit sawo matang bisa mencoba warna-warna beige, coffee, chocolate, soft pink, dan burgundy (merah tua) untuk warna lipstick. Ingat ya Ladies, kamu sebaiknya menghindari lipstick dengan hasil akhir yang glossy dan frosty atau lipstik yang memberikan efek mengkilap.
 

source: https://bubblymichelle.com