Mau liburan ke pantai, tapi mengurungkan niat pakai bikini karena malu bokong hitam. Kondisi tersebut tentu saja membuat kamu jadi bete ya ladies. Namun, walaupun tidak menggunakan bikini, tetap saja merasa risih jika bokong wanita hitam. Rasanya seperti tidak merawat diri ya ladies.

Tak hanya itu, pasti banyak di antara kamu yang bertanya-tanya. Kenapa sih bokong bisa hitam? Padahal merasa selalu menjaga kebersihan. Rajin mandi dua kali dalam sehari. Tahukah kamu ladies, kalau ternyata bokong hitam disebabkan oleh kebiasaan sepele ini lho. Yuk, simak.



1. Menggunakan Celana yang Terlalu Ketat
Menggunakan celana yang terlalu ketat adalah salah satu penyebab pantat hitam. Mengapa? Pasalnya, saat kamu menggunakan celana yang terlalu ketat maka akan terjadi gesekan.

Nah, gesekan itulah yang membuat warna kulit secara perlahan akan berubah menjadi gelap. Karena itu disarankan agar kamu tidak menggunakan celana yang terlalu ketat atau diselingi dengan menggunakan rok agar kulit lebih bisa bernapas.
 

source: http://www.gulalives.co




2. Iritasi
Iritasi di area bokong diyakini dapat menyebabkan bokong hitam. Penyebab iritasi beraneka ragam, namun salah satunya adalah penggunaan celana dalam yang terlalu ketat hingga membuat kulit menjadi iritasi.

Jika kamu sudah merasa kulit pada area bokong terasa gatal dan tidak nyaman. Sebaiknya segera oleskan krim penghilang iritasi sebelum akhirnya bokong berubah warna menjadi gelap.
 

source: https://okmedical.ro
<baca juga>




3. Menggunakan Celana Dalam yang Salah
Kini celana dalam sudah beraneka ragam bentuknya, sayangnya banyak wanita yang tergiur dengan model celana dalam yang lucu hingga tidak memikirkan bahan dari celana dalam tersebut.

Bahan celana dalam yang tidak menyerap keringat dapat membuat bakteri dan jamur berkembang biak di area bokong, hingga menyebabkan bokong hitam. Karena itu, disarankan agar kamu menggunakan celana dalam berbahan katun untuk mencegah perkembang biakan bakteri dan jamur.
 

source: https://www.babatpost.com




4. Tidak Bersih Mencuci Celana Dalam
Banyak wanita yang hanya mencuci celana dalam pada bagian vagina, hingga melupakan area bokong. Celana dalam yang tidak dicuci dengan bersih akan membuat bakteri dan jamur tetap menempel di area tersebut hingga menyebabkan warna bokong berubah menjadi hitam.

Oleh karena itu, saat mencuci celana dalam rendamlah terlebih dahulu kemudian cuci ke seluruh bagian celana dalam agar bakteri dan jamur tidak bersarang di celana dalam.
 

source: http://embassycleaners.com
<baca juga>




5. Malas Membersihkan Area Bokong
Tak sedikit wanita yang hanya mengeringkan area vagina saja saat selesai mandi atau buang air. Padahal kebiasaan jorok tersebut dapat membuat kulit bokongmu menjadi lembab dan kemudian akan berubah warna menjadi gelap. Bahkan tak hanya itu, hal tersebut rupanya juga dapat menimbulkan bisul dan jamur.

Karena itu, selalu pastikanlah area bokong dilap dengan bersih dan benar-benar kering seperti layaknya kamu menjaga kebersihan vagina. Kamu bisa mencoba untuk mencerahkan bokong hitammu dengan menggunakan scrub, lotion atau masker yang terbuat dari bahan alami seperti madu atau lemon.
 

source: http://www.irishtimes.com