Gatal pada area bulu kemaluan memang dapat merupakan salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Kondisi tersebut tidak hanya membuat kamu merasa tak nyaman, tetapi juga akan menurunkan rasa percaya diri. Terlebih jika rasa gatal pada bulu kemaluan timbul saat kamu sedang berada di jalan atau akan meeting. Duh, enggak kebayang gimana rasanya.

Karena ity, sebelum hal tersebut terjadi pada diri kamu. Sebaiknya yuk ketahui penyebab timbulnya rasa gatal di bulu kemaluan berikut ini agar kamu dapat terhindar dari masalah tersebut.


1. Infeksi Jamur
Penyebab paling umum yang banyak dialami oleh seseorang yang mengalami gatal pada bulu kemaluan adalah adanya infeksi jamur. Jamur yang biasanya bersarang di area sekitar vagina adalah jamur Candida.

Jamur tersebut timbul umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang menjaga kebersihan vagina dengan menggunakan celana dalam yang tidak menyerap keringat hingga tidak bersihnya kamu saat mencuci vagina setelah buang air. Tak hanya itu, perubahan hormon juga menjadi penyebab jamur Candida berkembang biak dengan cepat.

Karena itu, untuk menghindari kamu terserang infeksi jamur sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan vagina dengan selalu memastikan area 
tersebut kering dan menggunakan celana dalam yang berbahan dasar katun.
 

source: http://doktersehat.com



2. Kulit Sensitif
Ada sebagian wanita yang kulitnya sangat sensitif, seperti tidak bisa terkena gigitan nyamuk. Nah, kondisi tersebut diperparah saat ia mengalami iritasi yang disebabkan oleh produk kewanitaan yang biasanya digunakan untuk membersihkan vagina. Tak hanya itu, gatal pada bulu kemaluan juga bisa disebabkan akibat adanya rambut yang tumbuh atau reaksi usai mencukur bulu kemaluan.

Oleh karena itu, disarankan agar kamu tidak mencukur habis bulu kemaluan. Melainkan hanya pada bagian luarnya saja untuk menghindari adanya risiko iritasi atau timbul rasa gatal saat rambut kemaluan tumbuh. Jangan lupa juga untuk melakukan cara menghilangkan bulu kemaluan yang tepat ya!

source: https://www.soycarmin.com
baca juga



3. Penyakit Kulit
Penyebab gatal di bulu kemaluan lainnya adalah disebabkan oleh penyakit kulit seperti eksim, ruam kulit dan lainnya. Kondisi tersebut kerap juga akan membuat bulu kemaluanmu merasa gatal.

Jika kamu mengalami hal tersebut sebaiknya konsultasikan oleh dokter untuk mengurangi rasa gatal di area bulu kemaluanmu.
 

source: http://www.bintang.com



4. Stres
Pasti banyak yang bertanya-tanya. Apa hubungannya stres dengan gatal di bulu kemaluan. Ya, stres tak hanya berdampak buruk pada kesehatan tetapi ternyata dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Kondisi itulah yang dapat memicu rasa gatal area bulu kemaluan.

Kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai agar terhindar dari stres yang juga dapat berdampak buruk pada kesehatanmu.
 

source: http://theguidancegirl.com