Memilih Barang yang Akan Dibawa


Jangan asal memasukkan barang ke dalam ransel, meskipun dalam keadaan tertata rapi. Sebaiknya, kumpulkan semua barang yang ingin kamu bawa di satu tempat, dan mulailah dari sana. Dengan ini kamu mendapat gambaran yang lebih jelas tentang seberapa banyak barang yang akan kamu bawa. Ini mendorongmu untuk melakukan seleksi ulang yang lebih kritis.
 
source: https://www.backpacker.com



Melipat Barang


Untuk menghemat tempat, ada tips melipat baju yang perlu kamu terapkan, yaitu melipat baju dengan cara menggulung. Dengan ini, baju nggak akan kusut meski disimpan bersama barang-barang lain dalam ransel. Tips melipat baju dengan cara menggulung juga membuat isi ransel lebih padat, membuatnya tak mudah berantakan saat ada guncangan.
 

source: http://the2seasons.com
baca juga



Penempatan Barang


Tanpa disangka, meskipun berat keseluruhan tidak berubah, namun penempatan barang yang salah dapat membuat ransel jadi kurang nyaman. Saat packing ransel, pertimbangkan faktor bobot dan prioritas barang sebelum menatanya dalam tas. Sesuai gambar, benda yang paling berat sebaiknya ditempatkan paling dekat dengan punggung, misalnya laptop atau makanan bekal untuk berkemah. Selain itu, benda-benda yang memiliki prioritas tinggi seperti jaket atau obat-obatan harus berada di tempat teratas agar mudah diraih.
 

source: http://herpackinglist.com