Membersihkan Emas
Ternyata, kamu dapat membuat larutan pembersih sendiri untuk membersihkan emas, Beautynesian. Dalam sebuah baskom, campurkan sabun pencuci piring dan air hangat dengan perbandingan 2:10. Rendam selama 2 -3 jam, lalu sikat perlahan dengan sikat gigi halus. Umumnya, sikat gigi dengan bristles yang halus adalah sikat gigi bayi atau untuk gigi sensitif. Bilas, lalu keringkan dengan kain katun. Setelah kering sempurna, poles menggunakan kain pemoles khusus.
 
source: https://www.popsugar.com.au



Menyimpan Emas


Agar terhindar dari debu dan goresan halus, tiap perhiasan emas perlu disimpan secara terpisah. Tempat penyimpanan yang ideal diantaranya kotak yang dilapisi beludru atau plastik ziplock kecil. Kain beludru bermanfaat mencegah goresan pada perhiasan emas. Sebelum disimpan, pastikan perhiasan emas ada dalam keadaan bersih dan kering.
 

source: http://www.womansday.com
baca juga



Pencegahan


Agar tak sampai terjadi kerusakan pada perhiasan emas, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan. 

  • Untuk menghindari kontak dengan bahan-bahan kimia yang dapat bereaksi dengan emas seperti pembersih, parfum dan makeup, pastikan perhiasan emas adalah benda terakhir yang kamu pakai di pagi hari, dan benda pertama yang kamu lepas setelah selesai beraktivitas.
  • Lakukan inspeksi rutin untuk mengenali seluk beluk perhiasan emas milikmu, sehingga kamu dapat segera menangani kerusakan ringan seperti goresan halus.
  • Terkadang berusaha memperbaiki perhiasan emas sendiri malah akan semakin merusaknya. Bawalah ke ahli perhiasan atau toko emas yang terpercaya untuk memperbaiki kerusakan.
source: http://www.gemasmallorca.es