Transportasi

Beberapa traveller mengungkapkan bahwa perjalanan menuju Raja Ampat sangatlah jauh. Dari Jakarta atau Bali, Minasan bisa menggunakan maskapai penerbangan menuju Sorong.
source: http://leaveyourdailyhell.com/2014/02/26/how-to-get-to-raja-ampat-indonesia/
Apabila Anda memulai perjalanan dari Jakarta, Anda bisa mencari tiket maskapai yang lagi promo ke Sorong yang biasanya berkisar Rp1 juta-an. Kalau lagi beruntung, Anda bisa mendapat promo buy 1 get 1 free, alias beli satu tiket dapat gratis satu tiket lagi.
source: http://traveling.bisnis.com/read/20141025/361/267747/inilah-5-tips-wisata-murah-ke-surga-bawah-laut-raja-ampat
Transportasi dengan menggunaan pesawat memang lebih efesien dan cepat, namun kendalanya harga cukup mahal sekitar 5 jutaan, tapi bisa disiasati dengan mencari tiket pesawat murah ke Raja Ampat pas ada promo tiket. Tapi kalau Anda menghendaki harga murah dan pasti dapat jadwal bisa naik kapal laut dari Tanjung Priok Jakarta menuju Sorong Papua Barat. Kemudian melanjutkan perjalan dengan kapal lagi atau naik ojek menuju Raja Ampat.
source: http://www.tipswisatamurah.com/2014/02/tips-hemat-banget-liburan-ke-raja-ampat.html
Sebenarnya di Papua ini tidak mahal karena kami pikir meskipun harga bensin dapat mencapai dua kali harga di Jakarta. Mengherankan biaya transportasi sekitar tidak begitu mahal. Saya memilih ojek kurang dari 5 km dan biaya hanya Rp 15.000. Sangat mudah untuk mengambil ojek dari bandara atau jika Anda bersama kelompok, Anda dapat menyewa mobil sebesar Rp 100.000-200.000 ke pelabuhan. Dari Sorong ke Waisai dapat dicapai dengan perahu (Rp 130.000), pukul 2 siang perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Dari Waisai, Anda bisa menyewa mobil untuk akomodasi.
source: http://www.littlenomadid.com/2013/10/backpacking-tips-to-raja-ampat.html

Penginapan

Untuk menemukan penginapan di kawasan Raja Ampat tidaklah susah. Namun sulit untuk mendapat penginapan yang harganya cukup terjangkau.
source: http://travel.detik.com/readfoto/2013/03/20/171931/2199221/1384/9/mengintip-resor-resor-cantik-di-raja-ampat
Kalau Anda menginginkan penginapan murah sebenarnya penduduk di sekitar Waisai Raja Ampat sering menawarkan rumahnya untuk dijadikan penginapan. Di sana berlaku tawar menawar. Namun jangan keburu menerima tawaran mereka sebelum melihat kondisi rumah yang ditawarkan oleh penduduk setempat. Lihat dulu kamarnya kalau Anda sreg dengan fasilitas baru bayar. Repotnya kalau rumah yang ditawarkan tadi agak jauh dari lokasi biasanya kita akan sungkan untuk menolak mereka, karena sudah jauh-jauh mereka membawa Anda ke rumah mereka.
source: http://www.tipswisatamurah.com/2014/02/tips-hemat-banget-liburan-ke-raja-ampat.html
Untuk menghemat penginapan bisa bawa tenda. Banyak pantai-pantai kosong yang bisa dijadikan tempat camp, jangan lupa untuk ijin dengan warga sekitar.
source: http://www.backpackerborneo.com/2012/09/tips-ala-backpacker-ke-raja-ampat.html
source: http://mytravelingphotograph.blogspot.com/2014/03/pianemo-little-wayag-raja-ampat.html
Bermasyarakatlah, siapa tau ada masyarakat yang mengajak tinggal gratis atau bahkan mengantarkan dengan katinting gratis.
source: http://www.backpackerborneo.com/2012/09/tips-ala-backpacker-ke-raja-ampat.html

Diving & Snorkelling

Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan yang terletak di Papua Barat, maka tak heran jika aktivitas yang dilakukan di tempat ini umumnya berhubungan dengan air seperti diving dan snorkelling.
source: http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-2773627/Hitching-ride-Amazing-moment-stunning-10ft-long-giant-manta-rays-dwarf-diver-followed-school-pilot-fish.html
source: http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-2773627/Hitching-ride-Amazing-moment-stunning-10ft-long-giant-manta-rays-dwarf-diver-followed-school-pilot-
Siapa yang tak takjub jika dalam sejam sekali menyelam dapat menemukan 283 jenis ikan, ini hanya terjadi di Raja Ampat. Di beberapa titik penyelaman pun para penyelam bisa bertemu dengan Manta Ray, ikan manta yang terbesar diantara jenisnya.
source: http://uniqpost.com/52036/7-kegiatan-yang-bisa-dilakukan-di-raja-ampat/
source: http://blog.conservation.org/2014/06/the-guardians-of-raja-ampat-community-driven-conservation-in-indonesia/
Pulau karang ini mempunyai air laut yang sangat jernih, hingga kita masih bisa melihat dengan kasat mata aneka biota laut yang berada di bawah permukaan air.
source: http://uniqpost.com/43187/pulau-wayag-lanskap-gugusan-karang-nan-eksotis-di-raja-ampat/

Bird Watching

Minasan juga bisa menikmati pemandangan burung-burung liar yang eksotis di Raja Ampat.
source: http://www.topindonesiaholidays.com/blog/?p=1955
source: http://animal-wildlife.blogspot.com/2011/10/cendrawasih-bird-of-paradise.html
Burung yang hidup di Desa Sawinggrai adalah Cendrawasih Merah, atau 'Red Bird of Paradise'. Namun selain itu, ada beberapa jenis lain yang lebih langka yakni Wilson's Bird of Paradise, Lesser Bird of Paradise, juga Greater Bird of Paradise.
source: http://travel.detik.com/read/2015/01/02/173304/2792768/1519/ada-burung-surga-di-raja-ampat

Mendaki Wayag

Wayag merupakan bagian dari gugusan pulau karang di Raja Ampat. Tempat ini adalah ikon terbesar Raja Ampat dan sayang untuk dilewatkan. Dari lokasi ini, Minasan bisa melihat pemandangan laut Raja Ampat dan gugusan pulau lain secara keseluruhan.
source: http://kanghelmy.com/2013/04/18/we-love-papua-wayag-raja-ampat-papua-barat/
Sebagai saripati kepulauan di Papua Barat ini, Kepulauan Wayag lebih terlihat seperti lukisan nyata, namun sulit diungkap oleh kata-kata. Jika Anda perhatikan, Kepulauan Wayag bisa dilihat dari delapan penjuru mata angin yang berbeda.
source: http://uniqpost.com/52036/7-kegiatan-yang-bisa-dilakukan-di-raja-ampat/4/
source: http://mytravelingphotograph.blogspot.com/2014/03/pianemo-little-wayag-raja-ampat.html
Ongkos yang dibanderol berkisar Rp 100.000 hingga Rp 125.000 per orang sekali jalan. Dari Waisai, perjalanan menuju Wayag masih harus dilanjutkan menggunakan long boat sewaan dengan waktu tempuh sekitar 6 hingga 8 jam.
source: http://uniqpost.com/43187/pulau-wayag-lanskap-gugusan-karang-nan-eksotis-di-raja-ampat/
Itulah beberapa informasi menarik yang membuat Minasan tertarik untuk berkunjung ke Raja Ampat bersama teman atau keluarga. Kesiapan mental adalah yang diutamakan selain keuangan mengingat wisata ini sangat alami dan minimnya akses menuju ke sana. Untuk itu, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan warga lokal dan meminta mereka menjadi guide.