Mengkonsumsi Teh dan Kopi

Sarapan pagi belum lengkap tanpa secangkir teh hangat atau segelas kopi pahit. Namun sayangnya minuman yang enak ini mempunyai efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Salah satunya adalah menjadikan bibirmu semakin gelap. Kopi yang mengandung kafein ini sebenarnya merupakan zat diuretik, yang akan membuatmu menjadi dehidrasi. Kondisi dehidrasi ini akan mengakibatkan kulit menjadi kering, termasuk bibir yang pecah-pecah, tidak sehat dan berwarna lebih gelap. Kopi dan teh yang berwarna coklat atau hitam akan berpengaruh juga ke bibirmu ketika kamu menyeruputnya.

source: https://job-like.com


 

Tidak Membersihkan Make Up

Lipstik adalah salah satu make up yang paling ampuh untuk membuatmu tampil percaya diri dengan dandanan yang sempurna. Lipstik yang mengandung paraffin dan logam ini, mampu menurunkan resiko bibir tak sehat. Terlebih jika kamu malas membersihkan lipstik setelah bepergian. Penumpukan zat pada lipstik tentu akan meninggalkan kotoran dan bakteri, sehingga menyebabkan bibir tak cerah.

source: http://www.kesehatan-kulit.com


 

baca juga

Kurangnya Asupan Makanan

Sayuran dan buah-buahan mengandung serat dan vitamin C yang tinggi. Tentu ini dibutuhkan agar kulit tampak cerah alami. Termasuk pada bibir. Kebiasaan buruk mengurangi asupan sayur dan buah tentu akan berdampak pada perubahan warna kulitmu. Akibat kekurangan vitamin C dan serat inilah yang menyebabkan pigmentasi pada kulit bibir menjadi tidak sehat dan berubah warna menjadi lebih gelap. Inilah salah satu penyebab bibir hitam.

source: http://www.arbamedia.com


 

Obat dan Narkoba

Terlalu banyak mengkonsumsi obat juga akan menyebabkan warna kulit tidak cerah alami. Walaupun obat-obatan tersebut telah direkomendasikan oleh para medis. Setiap jenis obat mengandung zat kimia, terlebih jika obat dikonsumsi dalam jumlah banyak dan jangka panjang. Inilah penyebab bibir menjadi berwarna gelap. Hampir sama dengan obat-obatan, penggunaan narkoba yang mengandung zat yang mematikan ini berbahaya bagi kesehatan ini juga akan berdampak pada kesehatan kulit. Salah satunya adalah bibir menjadi lebih kering, keriput dan berwarna gelap.

source: http://www.motherandbaby.co.id


 

baca juga

Merokok

Nikotin yang terkanding di dalam rokok, merupakan bahan yang dapat merusak kulit dan mengotori bibir, sehingga warna alami bibir menjadi menghilang. Nikotin juga berpengaruh pada sirkulasi darah, dimana  merokok dalam jangka panjang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit dan tersumbat. Akibatnya sirkulasi darah tidak lancar dan membuat kulit menjadi lebih pucat, termasuk kulit pada bibir. Inilah penyebab bibir hitam.

source: http://www.viva.co.id


 

Mengalami Anemia

Salah satu penyebab bibir hitam adalah anemia, yang disebabkan karena kekurangan hemoglobin, yaitu zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Kekurangan darah inilah yang menyebabkan peredaran darah tidak lancar ke seluruh tubuh, termasuk pada bibir. Ditandai dengan cepat merasa letih, lemas, pusing dan lesu walaupun tidak melakukan pekerjaan yang berat, serta perubahan pada fisik yang terlihat jelas. Misalnya kulit berwarna pucat, bibir terlihat kering, berwarna pusat dan pecah-pecah.

source: http://gayahidup.dreamers.id

Kalau kamu masih malu mempunyai bibir hitam, segera hilangkan kebiasaan buruk tadi ya, ladies. Saatnya kamu tampil beda dengan bibir yang cerah alami.