Tanda Penuaan Dini di Usia Muda

Hidup di kota Metropolitan memang menimbulkan polemik tersendiri. Terlebih saat kamu berusia produktif, yaitu usia 20an. Aktivitas yang padat seringkali menyebabkan kamu lupa merawat diri. Jika dibiarkan terlalu lama, tentu kulit menjadi tak sehat. Salah satu akibatnya adalah terjadinya penuaan dini, dengan tanda sebagai berikut:

  • Keriput pada ujung mata, yang disebabkan karena kolagen yang mengatur elastisitas kulit menjadi rusak. Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari yang merusak sel-sel pada kulit
  • Flek hitam pada wajah, dimana flek terjadi karena seseorang beraktivitas di luar ruang tanpa menggunakan pelindung
  • Kulit menjadi kering, kasar dan kendur
  • Pori-pori membesar, yang terjadi akibat penumpukkan sel kulit mati yang tidak terangkat dengan baik
Untuk mencegah penuaan dini, ini dia cara sederhana dan mudah diterapkan.
source: http://www.viva.co.id


 

Minum Air Putih Hangat

Seiring dengan pertambahan umur, produksi minyak menjadi semakin berkurang di bagian tubuh. Wajah adalah bagian tubuh yang paling mudah terlihat jika ada perbedaan yang mencolok. Wajah dengan kulit kusam dan kering tentu berakibat timbulnya kerutan, sebagai tanda awal  penuaan dini. Tidak mau kan terlihat tua sebelum waktunya. Solusi yang mudah adalah dengan mengkonsumsi air putih hangat. Air putih hangat dapat membantumu sebagai alat detoksifikasi, yaitu membuang racun-racun yang bersarang di dalam tubuh, akibat asupan makanan yang tidak baik.

source: http://www.beritatrendz.com


 

baca juga

Menggunakan Krim Malam dan Tabir Surya

Merawat wajah bukan hanya di siang hari saat keluar rumah saja. Di malam hari saat menjelang tidurpun, wajah perlu dirawat dengan baik. Krim malam dapat berfungsi untuk melembabkan, melembutkan dan melawan penuaan dini. Pilihlah krim malam dengan kandungan yang menyegarkan agar wajah tetap kencang dan kulit tetap terhidrasi sampai keesokan harinya. Demikian juga halnya dengan tabir surya yang harus dipakai saat kamu keluar rumah, untuk menghindari paparan sinar UV, yang akan merusak kelembaban kulitmu.

source: http://www.wom.my


 

Bijak Menggunakan Make Up

Agar kulit wajah tetap segar alami dan belia, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan make up yang tebal dan skin care yang berlebihan ya. Biasanya di usia 20an, wanita juga seringkali mengganti produk kecantikan dengan cepat, tanpa memberi jeda untuk kulit bernafas dengan baik. Hal ini antara lain disebabkan karena ada banyak iklan yang menawarkan hasil yang baik dengan cara instan. Jangan terkecoh dengan produk murah, terlebih jika kulitmu sensitif.

Kosmetik yang mengandung banyak bahan kimia tentu akan merusak wajahmu dan akan membuat kulit wajah tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Akibatnya, terdapat banyak kerutan di sekitar dahi dan bawah mata. Sebab itu lebih baik memakai make up yang natural agar tetap cantik alami.

source: http://www.viva.co.id



 

baca juga

Menggunakan Scrub Wajah

Agar wajah tetap terawat dengan baik, tak ada salahnya kamu melakukan perawatan dengan cara yang alami. Scrub wajah dengan bahan alami tentu tidak mengandung zat kimia. Hal ini jelas akan bermanfaat bagi kulitmu. Scrub wajah dapat bermanfaat untuk:

  • Menghaluskan kulit
  • mengangkat sel kulit mati sehingga wajah lebih bersih
  • Membantu menghilangkan noda hitam pada wajah
  • Membantu membuka permukaan kulit
  • Memperlancar aliran darah serta menyehatkan kulit
Kamu dapat menggunakan scrub dari buah-buahan seperti mentimun, pisang, strawberi ataupun alpukat dengan campuran madu dan jeruk nipis. Atau kamu juga dapat menggunakan bahan dapur seperti kunyit, jinten, garam ataupun gula yang didampur dengan madu.
source: http://www.cantikitu.com


 

Asupan Gizi yang Baik

Asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh tentu sangat menentukan penampilan luarmu. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food, fast food, gula berlebih atau makanan berlemak. Kulit membutuhkan nutrisi yang baik, agar sel-sel kulit yang mati dapat terangkat dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan yang segar. Sayuran yang banyak mengandung serat sangat baik, agar kulit tidak kusam dan kering. Sedangkan buah-buahan mengandung banyak vitamin C yang dapat membuat kulit lebih segar dan mulus.

source: https://www.vemale.com