Masjid Istiqlal

Masjid pertama yang wajib kamu kunjungi saat akan melakukan wisata religi di Jakarta adalah Masjid Istiqlal. Salah satu alasan pembangunan masjid ini adalah sebagai bentuk rasa syukur bangsa Indonesia karena telah terbebas dari penjajahan. 

Masjid yang menjadi salah satu bangunan kebanggaan bangsa ini memiliki gaya arsitektur modern yang didominasi oleh bentuk kubus. Terdapat 7 pintu utama yang melambangkan lapisan langit. Masing-masing pintu diberi nama Asmaul-husna, diantaranya Al-Fattah (Pembuka), Ar-Rozaq (Rezeki), Ar-Rahman (Pengasih), Al-Malik (Raja), Al Quddus (Kesucian), As-Salam (Kedamaian), dan Al-Ghafar (Ampunan).
 

source: http://media.rooang.com


Masjid ini menjadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi para wisatawan karena Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Bahkan Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan istrinya, pernah berkunjung kesini.

 

baca juga

Masjid Lautze

Masjid yang juga diberi julukan sebagai Rumah Para Mualaf ini adalah salah satu masjid yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Masjid ini tidak memiliki menara atau kubah, sebaliknya masjid ini berada dalam deretan ruko di daerah Sawa Besar, Jakarta Pusat. 

Bangunan yang identik dengan warna merah dan kuning ini memang didirikan di wilayah pemukiman masyarakat etnis Tionghoa. Hal ini dilakukan untuk menyebarkan nilai-nilai keislaman kepada warga Tionghoa yang mayoritas bermukim disana.
 

source: http://rula.co.id

Julukan Rumah Para Mualaf diberikan karena masjid ini biasa dijadikan tempat orang-orang mencari ketenangan batin. Biasanya mereka akan mendapatkan ilmu dan penanaman nilai kehidupan yang telah ditetapkan dalam Islam. Di masjid ini pula para mualaf mendapat kesempatan untuk belajar Islam lebih dalam, tidak jarang pula yang mempelajarinya dari nol.

 

Jakarta Islamic Centre

Jakarta Islamic Centre (JIC) adalah salah satu lokasi wisata religi yang dibangun di daerah Koja, Jakarta Utara. JIC berlokasi di lahan bekas lokasi pelacuran terbesar di Jakarta dengan tujuan untuk menanggulangi permasalahan tersebut dengan pendekatan agama.
 
source: http://megapolitan.kompas.com


Selain itu JIC juga merupakan pusat kajian dan pengembangan Islam di Jakarta. Para wisatawan yang berkunjung diharapkan tidak hanya akan mendapatkan tempat yang nyaman untuk berlibur, tetapi juga mendapat ilmu dan pengetahuan mendalam tentang Islam. 

 

baca juga

Masjid Agung Sunda Kelapa

Terakhir, destinasi wisata masjid di Jakarta yang wajib kamu kunjungi adalah Masjid Agung Sunda Kelapa. Masjid ini dibangun pada masa kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin. Masjid yang selalu sibuk dengan banyak kegiatan keagamaan ini membuatnya memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Bangunan yang cukup besar dan pekarangan yang luas sangat membantu dalam penyelenggaraan beragam kegiatan. Bahkan selama Ramadan, masjid ini selalu dipenuhi oleh bazar makanan berbuka puasa. Selain itu, keindahan masjid ini juga perlu diacungi jempol, karena itu masjid ini sering dijadikan lokasi pernikahan oleh masyarakat.
 

source: http://www.republika.co.id


Nah, itulah empat masjid yang dapat kamu jadikan destinasi wisata religi untuk kamu dan kerabat. Wisata masjid ini tidak hanya akan memberikan sebuah saat-saat untuk refreshing, tetapi juga kesempatan menimba ilmu dan pengetahuan tentang agama Islam.