Sarapan Dengan Madu dan Air Putih

Rasulullah SAW memiliki pola makan yang sehat dengan menu-menu sederhana yang memenuhi kebutuhan gizi dari tubuhnya. Ia selalu memulai hari dengan menu sarapan berupa madu dan air putih. Madu memiliki kandungan yang lengkap untuk memberikan energi bagi tubuh untuk menjalani hari.

source: https://www.vemale.com

Selain itu, madu juga sangat baik untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Sesuai dengan yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an serta dibuktikan oleh penelitian para ahli. Di dalam Al-quran, terdapat penjelasan mengenai manfaat madu yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Didukung dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa madu berkhasiat untuk membersihkan lambung, mengaktifkan fungsi kerja usus, dan menyembuhkan beragam penyakit serta peradangan.

 

Tujuh Buah Kurma Menjelang Siang

Selanjutnya, saat hari sudah menjelang waktu siang, Rasulullah lanjut mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa’, yaitu jenis kurma yang matang. Selain untuk asupan memenuhi karbohidrat dan protein, kurma juga bermanfaat untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh. 

source: http://sainsteknologidalamislam2015.blogspot.com/


 

baca juga

Makan Berat Menjelang Sore

Setelah hari sudah mulai sore, Rasulullah akan menyantap makanan yang cukup berat. Menu yang paling sering dipilih adalah roti yang dicampur dengan minyak zaitun dan cuka. Makanan ini sangat berkhasiat untuk mencegah pengeroposan tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan pencernaan, dan menghancurkan kolesterol. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun ini juga mampu mencegah kanker serta menjaga suhu tubuh saat musim dingin.
 

source: http://jeff-aj.blogspot.com


 

Sayuran Pada Malam Hari

Nah, saat malam hari, Rasulullah biasa menyantap menu utama berupa sayur-sayuran. Hal ini sangat baik kerena sayuran dapat memperlancar pencernaan, menguatkan daya tahan tubuh, serta melindungi tubuh dari serangan penyakit.

source: https://www.wartasolo.com


 

baca juga

Menu Lain Rasulullah

Nah, selain menu makanan di atas, Rasulullah juga sesekali menyelingkan menunya dengan makanan lain yang tentunya juga sehat dan bergizi. Diantaranya adalah tsarid, yaitu sejenis sup daging yang dicampur dengan roti. Beliau juga suka mengonsumsi buah yaqthin, buah sejenis labu air, yang memiliki manfaat dalam mencegah diabetes. Selain itu, Rasulullah juga senang memakan buah anggur dan hilbah (susu).

source: http://hot.detik.com
Itulah menu-menu yang biasa dikonsumsi oleh Rasulullah. Beliau selalu memenuhi kebutuhan gizi tubuh dengan memakan makanan sehat dan bergizi. Tidak lupa diselingi puasa untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Yuk, mulai mengikuti sunnah Rasul dengan menerapkan pola makan sehat, bergizi, dan yang pasti tidak berlebihan!