Sayuran dan Buah Hijau

Makanan pertama yang wajib ada di menu sarapan ibu hamil adalah sayur dan buah-buahan berwarna hijau. Kandungan vitamin dan protein kompleks yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan berwarna hijau sangat berperan dalam membantu produksi sel darah merah, menguatkan pertumbuhan sel otak bayi, serta meningkatkan imunitas bagi ibu dan bayi. 

source: https://belajar.io


 

baca juga

Biji-bijian (Whole Grain) dan Kacang-kacangan

Saat hamil, seorang ibu akan membutuhkan protein dengan jumlah yang lebih banyak. Protein adalah nutrisi utama yang berperan dalam membantu proses pertumbuhan jaringan tubuh janin, termasuk di dalamnya pertumbuhan bayi, plasenta, peningkatan volume darah, serta cairan amniotic. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, biji-bijian merupakan asupan terbaik.

Biji-bijian yang dimaksud adalah biji-bijian utuh (whole grain) yang memiliki kandungan protein kompleks sehingga sangat bermanfaat bagi pemenuhan gizi ibu hamil. Whole grain juga diperkaya dengan kandungan zat besi, sereal, dan buah kering yang biasanya berupa berry. Pilihan menu untuk makanan ini adalah sereal gandum, oatmeals, granola, atau roti gandum.

source: http://myfulllifenutrition.com/how-do-you-define-whole-grain-2/

Selain itu, kacang-kacangan juga sangat berperan penting dalam menyediakan kebutuhan asam folat bagi ibu. Manfaat asam folat sangat penting dalam mencegah kerusakan pembuluh syaraf di janin. Kamu dapat memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin.

 

Produk Olahan Susu

Selanjutnya, menu yang wajib dikonsumsi oleh para ibu hamil saat sarapan adalah produk olahan susu. Susu, Yogurt, Keju, dan beragam olahan susu lain sangat bermanfaat dalam memenuhi nutrisi ibu hamil karena kandungan gizi yang lengkap. Tidak hanya protein, ibu hamil juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium serta vitamin dan lemak baik untuk perkembangan janin dalam kandungannya.

Kandungan gizi tersebut penting dalam proses pembentukan tulang dan gigi janin. Jika kamu kurang suka mengonsumsi susu di pagi hari, kamu dapat menggunakannya untuk dimakan bersama dengan sereal gandum.

source: http://sehat-bugar-cantik.blogspot.com


 

baca juga

Buah-buahan

Nah, makanan yang ini tidak boleh ketinggalan untuk menu sarapanmu, ya! Kamu dapat secara rutin mengganti menu buah yang dimakan setiap harinya agar gizi yang terpenuhi semakin lengkap. Agar tidak bosan, kamu dapat membuat kreasi sajian buah dengan membuat salad buah yogurt, smoothies, dan lain sebagainya.

source: http://thehaert123654.blogspot.com

Nah, itulah menu wajib yang harus dikonsumsi oleh para ibu hamil setiap pagi saat sarapan. Memastikan semua kandungan gizi dalam tiap makanan yang makan adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Semoga bermanfaat!