1. Timbulnya Flek atau Bintik hitam

Flek atau bintik hitam ini timbul di permukaan kulit wajah karena paparan sinar matahari yang biasanya terjadi di akhir usia 20 atau awal 30-an. Hal ini menjadi peringatan pertama jika terjadi pada kamu. Selain pada wajah, hal ini bisa juga timbul pada tangan dan bahu. Jika gejala seperti ini sudah terlanjur muncul, maka untuk meminimalisir atau memperlambat proses penuaan lebih lanjut rajinlah memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, cukupi kebutuhan vitamin C untuk tubuh dan pada malam hari gunakan produk yang mengandung retinol topikal untuk merangsang produksi kolagen baru. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi ahli dermatologis untuk melakukan perawatan menghilangkan flek hitam.

source: http://www.bintang.com


 

2. Munculnya Kerutan dan Keriput

Nah, kalau yang satu ini biasanya sih mudah disadari, karena penuaan memang indikator utamanya adalah kerutan dan keriput. Jika kamu sudah menemui adanya garis-garis halus dan kerutan muncul di sepanjang pipi dan rahang saat usia 20 atau 30an, maka hal ini juga termasuk ciri-ciri terjadi penuaan dini. Untuk meminimalisir atau mencegahnya, kamu bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung retinoid yang dapat membantu produksi kolagen. Selain itu, untk melancarkan peredaran darah kamu juga bisa rajin melakukan massage pada bagian yang terdapat kerutan atau keriput dengan produk anti aging.

source: https://www.gogobli.com


 

baca juga

3. Kulit Menjadi Lebih Kasar dan Kering

Disadari atau tidak, ciri yang satu ini seringkali terjadi lho! Hilangnya kelembapan pada kulit karena membran sel menjadi lebih berpori menyebabkan kulit terasa kering dan kasar. Hal ini bisa juga dipicu oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas yang membuat kulit kehilangan kolagen serta elastisitas. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, pergantian sel kulit baru juga menjadi lambat. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan tindakan scrubing untuk membantu proses pengelupasan sel kult mati minimal 2x dan gunakan krim retinoid di malam hari untuk merangsang pergantian sel kulit baru.

source: http://kulitkering.org


 

4. Terdapat Keriput Pada Ujung Mata dan Perubahan Bentuk Mata

Keriput pada ujung mata bisa terjadi karena seringnya terkena papaan sinar matahari secara langsung dan radikal bebas yang dapat menyebabkan rusaknya DNA kulit dan membran sel sehingga menyebabkan kolagen serta elastisitas kulit menjadi rusak. Keriput pada ujung mata juga bisa menjadi lebih parah jika kamu punya kebiasaan merokok. Selain keriput pada ujung mata, ciri penuaan dini lainnya pada mata adalah perubahan bentuk mata. Seiring bertambahnya usia, tulang akan semakin menjorok ke dalam dan bagian yang akan menonjol adalah sudut dalam atas dan sudut luar bawah tengkorak seperti mata. Oleh karena itu, mata yang tadinya berbentuk bulat lambat laun terlihat horisontal.

source: http://www.aktual.com


 

baca juga

5. Tangan Menjadi Kurus dan Wajah Tirus

Seperti halnya perubahan bentuk mata, ketika terjadi penuaan dini pada bagian tubuh dan wajah kamu juga akan mengalami perubahan. Salah satu yang terjadi adalah perubahan pada bentuk tangan yang menjadi lebih kurus dan wajah menjadi lebih tirus. Hal ini terjadi karena tubuh mulai kehilangan jaringan pada tulang. Biasanya hal ini juga dibarengi dengan kantong di bawah mata yang semakin membesar. Proses terjadinya ini tidak serta merta, namun secara bertahap sehingga terkadang kamu tidak menyadarinya. Untuk mencegah hal ini terjadi kamu bisa memperkuat kulit dengan asam hyaluronic agar kulit tampak gemuk atau berisi dan diremajakan. Asam hyaluronic ini dapat disuntikan atau biasanya terdapat dalam produk kecantikan atau skincare bertekstur krim.

source: https://lifestyle.sindonews.com