Scrub Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk merawat kecantikan tubuh, salah satunya kulit. Kandungan Vitamin E dan K yang berlimpah dalam minyak zaitun dapat membantu dalam perawatan pencerahan kulit yang gelap dan kusam. Biasanya, minyak zaitun digunakan untuk membersihkan kulit dari kotoran yang menempel. Akan tetapi akan lebih baik jika kamu membuatnya menjadi scrub dengan mencampurnya dengan gula pasir. 

source: http://blog-gw-begini.blogspot.com

Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan sedikit gula pasir. Lalu aplikasokan secara merata pada seluruh wajah sambil melakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit untuk membuat kandungan minyak zaitun terserap sempurna. Langkah ini sangat ampuh dalam mencerahkan kulit dengan membersihkan sel kulit mati dan flek hitam pada wajah.

 

baca juga

Masker Madu

Kulit yang gelap kebanyakan disebabkan oleh kulit yang terlalu kering sehingga membuat terlihat kusam. Nah, salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasinya adalah madu. Madu memiliki kandungan alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan serta menghilangkan noda hitam pada kulit.

source: http://pemutihwajah.id

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu dapat langsung mengoleskan secara merata pada kulit wajah dengan melakukan pijatan lembut. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih. Selain itu, kamu juga dapat membuat masker madu dengan kombinasi bahan alami lain seperti air perasan jeruk nipis, susu, atau buah-buahan lain. Penggunaan masker madu secara rutin dapat membuat kulit wajah menjadi lebih segar cerah.

 

Masker Tomat

Cara merawat kulit wajah gelap dengan bahan alami selanjutnya adalah menggunakan masker tomat. Tomat merupakan bahan alami yang memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan tomat memiliki kandungan lycopene yang berguna sebagai antioksidan. Dijamin, wajah kamu akan menjadi lebih segar dan cerah jika dapat melakukan perawatan ini secara rutin.

source: http://www.kirimcara.com

Langkah pertama untuk membuat masker tomat adalah dengan menghaluskan tomat dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian, campurkan jeruk nipis ke dalam tomat yang telah dihaluskan secukupnya. Aduk hingga rata. Lalu, oleskan secara merata pada wajah sambil dipijat lembut selama 3 menit. Setelah itu, diamkan masker hingga mengering, kurang lebih 10-15 menit. Terakhir, bilas hingga bersih. Lakukan perawatan dengan rutin 3 kali seminggu untuk hasil lebih maksimal.

 

baca juga

Masker Lidah Buaya

Perawatan wajah untuk kulit gelap dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan masker lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang berkhasiat dalam merawat kulit dan rambut. Manfaatnya dalam perawatan kulit adalah karena lidah buaya mengandung aloesin, yaitu zat penghambat pembentukan melanin, penyebab kulit menjadi gelap.

source: http://cantiksehatgue.blogspot.com

Berikut langkah mudah membuat masker lidah buaya di rumah :

  1. Kupas kulit lidah buaya, kemudian pisahkan gelnya
  2. Aplikasikan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah
  3. Pijat perlahan wajah kamu dengan gerakan memutar agar kandungan lidah buaya lebih terserap
  4. Diamkan selama kurang lebih 20 menit
  5. Bilas hingga bersih dengan air hangat, keringkan
  6. Untuk hasil maksimal, kamu dapat melakukan perawatan ini setiap pagi dan sore hari.

Masker Bengkoang

Nah, kalau bahan alami yang satu ini memang sudah sangat terkenal dengan manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C dan B1 dalam bengkoang sangat berkhasiat dalam menyegarkan dan mencerahkan kulit. Meskipun banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang, tidak ada salahnya kan membuat masker bengkoang sendiri untuk perawatan yang lebih alami dan aman? Berikut langkah membuat masker bengkoang sendiri di rumah yang wajib kamu coba!

  1. Kupas kulit dan cuci bersih bengkoang.
  2. Haluskan bengkoang dengan cara diparut atau diblender.
  3. Peras dan saring sari bengkoang.
  4. Simpan sari bengkoang dalam sebuah wadah bening, kemudian simpan di lemari es selama kurang lebih 1 jam.
  5. Perhatikan endapan sari bengkoang yang terbentuk, gunakan endapan itu sebagai masker.
  6. Oleskan secara merata pada wajah.
  7. Diamkan selama 20 menit atau hingga mengering di wajah.
  8. Bilas hingga bersih dengan air dingin, kemudian keringkan.
  9. Lakukan perawatan ini secara rutin, sekitar dua hingga tiga kali seminggu.
source: http://khasimanfaat.com
Itulah cara merawat kulit wajah gelap dengan bahan alami. Mudah, bukan? Dijamin kamu akan lebih tenang karena perawatan yang kamu lakukan tidak menggunakan bahan kimia. Yuk, dicoba!