Ikan Salmon

Ikan yang enak dipanggang ini merupakan salah satu jenis ikan terbaik untuk meredakan rasa nyeri saat haid atau menstruasi. Ikan yang mempunyai daging yang tebal ini mengandung omega 3 dan vitamin D yang dapat mengurangi kembung, yang akan mengakibatkan nyeri di perut. Ikan salmon juga mengandung anti-inflamasi yang dapat menenangkan rasa kram dan keluhan lain saat nyeri. Mengkonsumsi sebanyak 6 gram per hari akan mengurangi depresi yang disebabkan akibat nyeri yang berkepanjangan. Ikan salmon panggang dengan saus mayonaise dan sayuran rebus, merupakan makan siang yang menyenangkan ya, ladies.

source: https://www.merdeka.com


 

Sayuran Tertentu

Sayuran tertentu seperti brokoli, bayam dan kangkung dapat juga membantumu mengurai rasa nyeri saat menstruasi. Brokoli yang mengandung vitamin A, C, B, potassium dan magnesium ini dapat mencegah nyeri pada lambung. Kandungan seratnya yang tinggi, membuat brokoli sebagai sayuran yang ampuh mengusir rasa kembung dan ketidaknyamanan perut menjelang menstruasi. Hampir sama dengan brokoli, bayam dan kangkung dapat dijadikan makanan yang enak karena mengandung kalsium yang dipercaya membantumu meredakan sakit di perut. Brokoli tumis dengan kacang atau kangkung saus tiram adalah pilihan makan siang atau makan malam yang enak.

source: https://www.vemale.com


 

baca juga

Telur

Kalau kamu tidak suka telur, mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi telur saat sedang menstruasi. Sebutir telur ayam rebus mengandung vitamin D, vitamin B6, vitamin E dan kalsium yang dapat membuat rileks otot di rahim dan area kewanitaan. Makanan yang kaya gizi ini dapat bereaksi dengan baik terhadap syaraf dalam otak yang akan menyebabkan nyeri PMS. Jadi olahlah telur menjadi makanan yang lezat seperti telur balado, telur orak arik atau telur pindang.

source: http://www.royco.co.id


 

Selai Kacang

Kacang adalah makanan yang kaya akan vitamin B6 dan magnesium. Makanan yang kaya gizi ini dapat membantumu meredakan perut mulas, nyeri di pinggang atau kembung saat sedang haid. Magnesium akan bekerja mengatur hormon serotonin di dalam otak, sehingga perasaanmu selama masa PMS pun akan nyaman. Kamu dapat mengkonsumsi kacang polong, kacang almond, kacang mete ataupun selai kacang. Roti dengan olesan selai kacang adalah bekal yang sehat dan nikmat saat ke kantor. Jangan lupa bawalah camilan berupa kacang-kacangan ya.

source: https://www.merdeka.com


 

baca juga

Pisang dan Nanas

Pisang dan nanas adalah buah-buahan yang dapat membantumu dengan baik mengurangi rasa nyeri di perut saat menstruasi. Pisang yang mengandung potasium dan kaya akan melatonin ini dapat menurunkan kadar hormon esterogen di dalam tubuh sehingga nyeri di perut akan semakin berkurang. Konsumsilah sebutir pisang setelah makan siang.

Demikian juga halnya dengan nanas, yang baik jika dibuat jus atau dimakan sebagai buah yang segar. Nanas yang mengandung bromelain dapat mengurangi kram menstruasi yang disebabkan oleh kontraksi pada rahim, sehingga membantu melepaskan lapisan dinding rahim dari tubuh. Kandungan pada nanas juga baik untuk mengendurkan otot-otot yang kram. Nanas yang segar dan memiliki kandungan air yang banyak, tentu akan membuatmu tetap bersemangat sepanjang hari.

source: http://vivendoavidabemfeliz.blogspot.co.id