Kutek adalah salah satu item cosmetics yang dimiliki banyak wanita, warnanya yang cantik dapat membuat tampilan kukumu pun semakin cantik dan tentu saja dapat membuat kamu lebih percaya diri. Sayangnya, kutek tidak menyerap air jadi tidak selalu bisa digunakan oleh para wanita setiap saat.
 
Kegelisahan itulah yang membuat seorang religius asal Polandia bernama Wojciech Inglot menciptakan kuteks yang “Wudhu Friendly” bernama Inglot O2M Breathable Nail Enamel yang disinyalir dapat menyerap air wudhu sehingga bisa digunakan untuk shalat. Bahkan kutek tersebut juga sudah mendapat label “Halal” setelah dilakukan penelitian.

source: https://www.tokopedia.com



Uji Coba Penelitian
Beberapa peneliti telah melakukan uji coba pada kuteks ini, salah satunya adalah dari Director of Education & Outreach in Islamic Institute of Orange Country in California,  Shaykh Mustafa Umar yang melakukan penelitian dengan mengoleskan kuteks Inglot pada kertas penyaring kopi setelah kuteks kering, kemudian kertas tersebut diteteskan air dan benar saja, air menyerap ke bawah kertas sehingga beliau memberikan label halel pada kuteks tersebut.
 
Hal serupa juga dilakukan oleh Mustafa Umar yang melakukan uji coba dengan menggunakan kertas penyaring kopi yang ditelah dioleskan kuteks Inglot dan setelah diteteskan air pada kuteks yang sudah kering hasilnya pun sama, yaitu air terserap dan bahkan juga membasahi penyaring kertas. Ia akhirnya menyimpulkan bahwa kuku yang menggunakan cat kuku Inglot bisa lembab dan tembus air.

source: http://hariangadis.com
<baca juga>



Kelebihan Kuteks Inglot
Selain itu, kuteks Inglot juga disebutkan sebagai cat kuku yang dapat membuat oksigen dan air menembus lapisannya. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan cat kuku lainnya yang kedap udara dan air dan juga seringkali membuat kuku terasa lebih berat. Tak hanya itu, kelebihan dari kuteks Inglot ini juga tidak mudah retak dan lebih tahan lama dibandingkan dengan cat kuku lainnya.
 
Kuteks Inglot memiliki sekitar 60 warna cantik yang sesuai dapat disesuaikan dengan keinginanmu, mulai dari light, dark, soft matte, metallic, nude hingga pastel. Teksturnya yaitu soft dan pigmented sehingga tidak perlu mengoleskannya berlapis-lapis agar tampil sempurna. Selain itu, tidak ada kandungan bahan kimia jahat seperti toluene, formaldehyde, dibutyl phthalate (DBP), dan camphor yang biasanya terkandung pada kuteks.

source: https://fimelahouse.files.wordpress.com



Pro dan Kontra
Pro dan kontra perihal kutek halal ini masih terus berlangsung karena beberapa pihak mengklaim apakah pori-pori pada kuku tertutup dan air tetap tidak bisa menembus pori-pori sehingga tidak “wudhu friendly”.
 
Bahkan seorang blogger asal Malaysia, Shea mengatakan bahwa cat kuku jenis apapun tidak bisa digunakan untuk shalat walaupun cat kuku tersebut sudah dilakukan penelitian dapat menembus air dan udara. Shea menambahkan bahwa saat berwudhu, air harus benar-benar menembus kulit dan kuku bukan hanya sekedar mendapatkan tetesan air.

source: https://www.tokopedia.com


Gimana ladies, tertarik menggunakan kutek halal yang satu ini?