Bibimbap

Makanan yang lazim dijual di Indonesia ini dalam bahasa Indonesia berarti nasi campur. Bibimbap disajikan hangat dengan lauk yang sehat dan komplit. Semangkuk bibimbap ini berisi tumisan daging, sayur rebus, rumput laut, irisan sayur dan tak ketinggalan telur setengah matang yang terletak di tengah mangkuk sebagai primadona. Sebagai pelengkap rasa, bibimbap ini akan terasa nikmat jika ditambahkan gochujang atau pasta cabai pedas khas Korea serta doenjang (kecap Korea) dan pasta kedelai. Makanan yang sehat ini menjadi bekal penambah energi di pagi hari.

source: http://www.taste.com.au


 

Japchae

Lain bibimbap, lain pula japchae. Japchae adalah sarapan umum bagi orang Korea. Hidangan mie sehat ini terbuat dari ubi jalar yang disebut dangmyeon. Ditumis dengan sayuran seperti wortel, bayam, jamur dan bawang bombai yang dimasak dengan minyak wijen. Untuk sarapan, mereka juga menambahkan irisan daging sapi yang dimbubui dengan biji wijen dan irisan cabai. Orang Korea terkenal suka sekali mengkonsumsi cabai. Walaupun namanya mie, Japchae dapat dikonsumsi baik hangat maupun dingin. Tak sampai disitu, warga Korea terbiasa sarapan Japchae bersama dengan nasi. Wow double karbohidrat ya, ladies.

source: http://www.koreanbapsang.com


 

baca juga

Menu Tradisional

Terbiasa dengan menu sarapan sehat yang komplit, orang Korea sangat mementingkan sarapan karena sebagai bekal penambah tenaga hingga siang hari. Menu tradisional yang lengkap terdiri dari nasi, sup kimchi dengan daging atau ikan. Tak ketinggalan sayur tumis atau kimchi sebagai pendamping menu utama. Walaupun jenisnya banyak, namun makanan ini cukup rendah lemak dan cukup mengenyangkan. Orang Korea lebih suka mengkonsumsi protein dari daging atau ikan yang tinggi vitamin B dan mineralnya.

source: https://cantik.tempo.co


 

Dakjuk

Dakjuk dalam bahasa Indonesia berarti bubur. Beda dengan bubur yang ada di Indonesia, dakjuk merupakan bubur yang sehat. Bubur ini dilengkapi dengan irisan daging atau sosis, irisan jamur yang telah dimasak terlebih dahulu, suwiran ayam dan jahe tentunya. Lebih nikmat jika dimakan bersama dengan irisan daun bawang, cabai bubuk khas korea dan kecap kedelai. Walaupun namanya bubur, tetapi semangkuk dakjuk cukup membuat perut kenyang di pagi hari. Menu sarapan ini cukup sehat dan berprotein ya, ladies.

source: https://myyellowsuitcase.wordpress.com


 

baca juga

Yangnyeom Tongdak

Di Indonesia ini disebut ayam dengan bumbu madu. Namun menu sarapan ini sering disebut Korean Fried Chicken atau yangnyeom tongdak. Ayam yang dimasak terlebih dahulu ini kemudian ditambahkan dengan saus dan cabai bubuk khas Korea yang pedas sehingga menghasilkan tekstur ayam yang lunak, renyah dan agak lengket. Rasa manis dan gurihnya pas ditambah dengan saus pedasnya. Cocok disantap dengan nasi hangat dan beberapa sayuran segar seperti selada dan tomat. Umumnya orang Korea menambahkan sedikit perasan air jeruk lemon sebagai penambah rasa.

source: http://food.detik.com