Mengapa Lomba Makan Kerupuk Selalu Ada ?

Kerupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung tapioka dan bahan lainnya. Lomba makan kerupuk ini untuk memperingati situasi rakyat Indonesia saat penjajahan. Pada saat masa penjajahan, kerupuk adalah menu utama bagi warga negara Indonesia. Hal ini dikarenakan saat itu makanan sulit didapat, karena bahan pangan selalu dikuasai oleh penjajah. Rakyat hanya mampu makan kerupuk dan nasi. Untuk mengenang masa sulit tersebut, maka setiap 17 Agustus selalu diadakan lomba makan kerupuk.

source: https://landak0sambel.blogspot.co.id


 

Aturan Lomba

Walaupun terlihat mudah, namun lomba ini juga mempunyai aturan sama dengan lomba-lomba yang lainnya. Siapa saja boleh mengikuti lomba ini, baik tua maupun muda. Diantara lomba yang lain, lomba makan krupuk adalah yang paling murah dan meriah. Ini dia aturannya
  • Tali yang digunakan adalah tali rafia yang digantung pada tongkat kayu / bambu
  • Panjang tali disesuaikan dengan peserta
  • Kerupuk yang digunakan adalah kerupuk putih
  • Hanya boleh menggunakan mulut untuk menghabiskan krupuk
source: https://reginapacis.sch.id


 

<baca juga>

Serunya Lomba Makan Kerupuk

Terlihat mudah dan sederhana ya. Namun ketika sudah dijalani ternyata memang sulit. Kerupuk yang digantung pada kayu atau tiang bambu selalu bergoyang-goyang. Hal ini disebabkan karena ada tarik ulur dari lawan yang sedang menggigit atau melepaskan kerupuk, sehingga menyebabkan tali tidak stabil. Untuk mendapatkan kerupuk, orang tersebut harus menjaga keseimbangan dan mengikuti arah kerupuk.

Biasanya supaya lebih cepat selesai, tiap orang akan menggigit kerupuk dengan gigitan yang besar. Sulitnya lagi ketika kerupuk sudah tinggal separuh atau sudah hampir habis. Kamu harus jinjit dengan kaki agar mulut dapat menyentuh kerupuk. Lomba 17 Agustus yang satu ini memang unik dan seru.

source: http://www.suaradesa.com


 

Antusias Warga

Tidak hanya warga Indonesia yang antusias mengikuti perlombaan makan kerupuk ini.  Perayaan 17 Agustus yang digelar oleh masyarakat setempat menarik perhatian turis asing yang sedang berkunjung ke Indonesia. Beberapa wisatawan asing berebut ingin mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan, termasuk lomba makan kerupuk. Walaupun baru pertama kali mengikuti lomba makan kerupuk ini, namun mereka merasa antusias dan sangat senang. Bahkan ada di antara mereka yang berhasil menghabiskan kerupuk terlebih dahulu dibanding dengan warga lokal.

source: http://news.liputan6.com