Don’ts
Ketika bayimu mengalami cegukan, ada dua hal yang harus kamu hindari, yaitu:


Jangan Panik

Hal pertama yang wajib kamu lakukan ialah tidak panik. Well, mengalami cegukan beberapa kali dalam satu hari bukanlah hal yang aneh dan berbahaya bagi bayi, kok. It’s so normal, ladies, especially during your baby’s first year. Nah, karena itulah, kamu harus tetap tenang ketika bayimu cegukan, Beautynesian. So, kamu bisa berpikir dengan jernih mengenai cara paling baik dalam mengahentikan cegukan yang dialami oleh bayimu.
 

source: https://www.parentmap.com



Jangan Mengajak Bercanda

Ketika bayimu mengalami cegukan ketika sedang makan, usahakan untuk tidak mengajaknya bercanda, ladies. Dengan mengajaknya bercanda, kamu memang akan menghiburnya dan membuatnya tertawa. Namun, bayimu tidak akan melupakan cegukannya, melainkan berisiko memperparah cegukannya. Aktivitas tertawa dapat membuat bayimu tersedak yang berujung pada semakin parahnya cegukan yang ia alami, ladies.
 

source: http://www.kyhands.com/milestones
<baca juga>



Jangan Menerapkan Cara Menghentikan Cegukan Orang Dewasa pada Bayimu

Kamu harus selalu ingat bahwa orang dewasa sangat berbeda dengan bayi. Karena itulah, jangan menerapkan cara yang sama dalam menghentikan cegukan pada bayimu, ladies.
Jadi, kamu tidak boleh menekan ubun-ubun bayimu karena tindakan ini tidak akan mengatasi cegukan bayimu, tetapi malah berbahaya pada bayimu mengingat ubun-ubunnya masih sangat rapuh jika ditekan terlalu kencang.

Kamu juga tidak boleh menarik lidahnya atau menekan bola mata bayimu, karena they’re so dangerous and will make your baby cry hysterically. Enggak hanya itu, kamu juga terlarang untuk mengagetkan bayimu secara ekstrem, ladies. Yup, bayimu akan merasa terkejut, tepi setelah itu, ia tidak akan lupa dengan cegukannya, melainkan membuatnya takut, menangis histeris, bahkan trauma psikologis. So, avoiding it is the best way you can do, ladies!
 

source: http://www.mama365.gr



Do's

Di sisi lain, kamu perlu melakukan sejumlah cara yang efektif menghentikan cegukan bayimu, ladies. Here they are!


Menyendawakan Bayi

Salah satu cara yang perlu kamu lakukan ialah menyendawakan bayimu selama waktu makannya. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mencegah terjadinya cegukan pada bayimu, karena ketika bayimu bersendawa, ia akan menghilangkan gas dalam tubuhnya yang menjadi penyebab munculnya cegukan. Selain itu, menyendawakan bayi juga membuat bayimu berada pada posisi tegak, sehingga bayimu juga bisa terlindungi dari cegukan, lho.

Nah, cara menyendawakan bayimu yang tepat ialah dengan mengusap sambal menepuk lembut punggung bayimu. Tapi ingat, jangan dipukul dengan keras ya, ladies. Bukannya berhenti cegukan, bayimu akan menangis histeris, lho!
 

source: http://babybottles.com.au
<baca juga>



Memanfaatkan ASI atau Dot Bayi

FYI, ketika bayimu fokus menghisap dot atau ASI, keadaan diafragmanya akan menjadi lebih santai serta membuatnya lupa dengan cegukan yang belum berhenti. So yeah, as you can guess, it could help stop your baby’s hiccups, ladies!
 

source: http://parentresourcecentre.com
source: http://www.livestrong.com



Membiarkannya Berhenti Sendiri

Yup, cegukan bukanlah penyakit berbahaya bagi bayimu. Karena itu, jika Beautynesian tidak merasa terganggu dengan cegukannya, kamu sebenarnya bisa lho membiarkan cegukan yang dialami bayimu berhenti secara sendirinya, ladies.
 
 

source: http://intelligentmother.com