Posisi 1 : Menimang

Posisi pertama yang dapat kamu coba lakukan adalah posisi menimang. Posisi ini cukup mudah dan aman untuk dipraktikan oleh pemula. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah, menempatkan leher dan kepala bayi pada salah satu lenganmu. Di sisi lain satu tangan lainnya berada menyangga bagian bokongnya. Saat menggendong dengan posisi ini, pastikan kepala dan leher tersangga dengan baik pada lengan bagian dalam.

source: https://hellosehat.com


 

Posisi 2 : Menggendong Sambil Memeluk

Selanjutnya, kamu dapat mencoba posisi menggendong sambil memeluk bayi. Caranya adalah dengan menggunakan satu tangan untuk mengangkat kepala dan menyangga leher bayi. Posisikan dada dan perutnya mengarah dan menempel pada dadamu. Nah, tangan yang lain ditempelkan pada bokong bayi untuk menyangga.
source: http://artimimpi-az.com


 

baca juga

Posisi 3 : Menggendong dengan Posisi Tengkurap

Posisi menggendong tengkurap sering dilakukan untuk mengurangi rewel pada bayi. Caranya adalah dengan meletakkan bagian kepala dan leher pada salah satu lengan bagian dalam. Sedangkan ujung telapak tangan diluruskan untuk menyangga tubuh bayi bagian bawah. Saat menggendong dengan posisi ini, pastikan wajah bayi tidak tertutup agar bayi dapat tetap bernafas dengan baik.

source: https://id.theasianparent.com


 

Posisi 4 : Menggendong Saat Menyusui

Nah, khusus untuk posisi menggendong bayi sambil menyusui, kamu perlu memperhatikan langkah berikut ini. Pertama, gunakan salah satu tangan untuk menyangga bagian leher dan kepala bayi, lalu posisikan kepala dan lehernya di lengan bagian dalam. Sementara itu, tangan lain diletakkan pada bagian bokong untuk memposisikan tubuh bayi. Terakhir, arahkan kepala bayi mendekati puting susu.

source: https://www.youtube.com

Nah, perawatan bayi yang satu ini memang penting lho. Itulah beberapa posisi menggendong bayi baru lahir beserta dengan langkah-langkahnya. Pastikan kamu selalu mencuci tangan sebelum menggendong bayi karena bayi baru lahir sangat rentan dari penyakit yang terjangkit dari kuman.