SADARI (Periksa Payudara Sendiri)

Untuk mengetahui kondisi kesehatan payudara, sebenarnya kita bisa memeriksanya sendiri, lho! Pemeriksaan payudara secara personal dikenal dengan sebutan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Nah, untuk langkah pemeriksaannya dapat kamu lakukan sendiri dengan langkah sebagai berikut:

  1. Angkat salah satu tangan ke atas kepala, jika kamu ingin memeriksa payudara kanan, angkatlah tangan kanan. Begitu pula sebaliknya.
  2. Sentuh bagian sisi payudara sambil menekannya lembut menggunakan jari dengan permukaan yang rata.
  3. Periksa adanya indikasi benjolan yang asing pada bagian-bagian payudara kamu.
  4. Tekan puting, lalu periksa apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara.
  5. Periksa di daerah sekitar ketiak untuk memeriksa benjolan asing.
  6. Ulangi hal yang sama pada bagian payudara yang lain.

Pemeriksaan sendiri diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan masyarakat untuk kesehatan payudaranya sendiri. Hal ini berlaku tidak hanya bagi para wanita, tetapi juga untuk para pria karena kanker payudara juga dapat menyerang para pria.

source: http://www.beritasehat.net


 

Gejala 1 : Perubahan Ukuran Payudara

Penderita kanker payudara stadium awal biasanya merasakan adanya perubahan ukuran payudara yang cukup signifikan. Selain ukuran, bentuk payudara juga perlahan berubah disebabkan adanya pembengkakan dan perubahan struktur jaringan payudara. Hal ini biasanya diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel kanker yang sedang berkembang biak.

source: http://belitung.tribunnews.com


 

baca juga

Gejala 2 : Munculnya Benjolan

Selanjutnya, indikasi kanker payudara dapat ditandai dengan munculnya benjolan asing di sekitar payudara atau bagian sisi payudara yang dekat dengan ketiak. Benjolan ini biasanya dapat diamati dengan cara diraba, serta sedikit penekanan untuk memeriksa respon nyeri pada benjolan tersebut. Benjolan yang diikuti dengan rasa nyeri merupakan indikasi kuat kanker payudara. Jika tidak segera ditangani maka benjolan tersebut akan semakin membesar dan memberikan rasa sakit yang lebih parah.

source: http://www.bintang.com


 

Gejala 3 : Kerutan di Payudara

Selain benjolan, perubahan fisik yang terlihat dan terasa jelas adalah munculnya kerutan di sekitar payudara. Kerutan ini merupakan sebuah tanda sel kanker yang mudah berkembang dan dapat semakin meluas seiringan dengan sel kanker juga telah menyebar perlahan.

source: http://ahlitumor.com


 

baca juga

Gejala 4 : Perubahan Warna Kulit

Indikasi stadium awal perkembangan kanker payudara juga dapat ditandai dengan terjadinya perubahan warna kulit pada payudara. Hal ini disebabkan oleh berkembangan sel kanker yang sudah mulai merambat pada sel-sel kulit. Perubahan warna kulit ini biasanya terjadi menjadi warna kemerahan seperti kulit yang mengalami alergi atau iritasi.

source: https://jadisehat.com


 

Gejala 5 : Demam dan Menggigil

Nah, jika hal-hal diatas sudah terasa, suhu badan penderita juga akan berangsur-angsur meningkat. Demam ini merupakan sebuah bentuk respon sistem imunitas yang mulai terganggu disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara.

source: http://www.alodokter.com

Nah, itulah lima gejala kanker payudara stadium 1 yang wajib kamu ketahui. Menjadi lebih mawas dalam memahami perubahan kondisi tubuh adalah hal penting untuk menjaga kesehatan diri.