Dibalik Nama Cilok

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Dalam bahasa Sunda, aci merupakan tepung kanji yang memang merupakan bahan utama dari jajanan asal Bandung ini. Biasanya cilok dihidangkan dengan bumbu kacang, kecap, dan sambal. Kemudian tentu saja ditusukkan pada sebuah tusuk sate sesuai namanya, yaitu aci dicolok. Sebenarnya kalau dilihat sekilas, cilok terlihat sama seperti bakso, namun bahan utamalah yang menjadi perbedaan kedua makanan tersebut. 

source: http://resepmakansedap.com


 

Jenis-Jenis Cilok

Cilok juga memiliki jenis-jenis yang berbeda, meskipun bahan utama yang digunakan tetap aci. Salah satu yang membedakan adalah isinya. Beberapa jenis cilok menggunakan telur atau daging cincang di dalamnya. Namun, beberapa pedagang cilok ada juga yang tidak menggunakan isian di dalamnya. Itu saja yang membedakan jenis cilok. Tapi pada dasarnya setiap cilok memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, sehingga banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa.

source: http://www.resepnasional.com


 

baca juga

Rahasia Cilok yang Enak

Sebenarnya membuat cilok sangat gampang lho. Kamu hanya membutuhkan aci yang dicampur dengan tepung sagu dan tepung terigu. Kemudian kamu tinggal menyediakan air panas yang dimasak bersamaan dengan bawang putih halus, penyedap rasa, garam, dan merica. Air panas tersebut lalu kamu masukan secara sedikit demi sedikit pada adonan tepung dan aci yang kemudian bisa kamu uleni. Setelah itu kamu bisa membentuknya hingga bulat-bulat dan kemudian direbus dalam air mendidih hingga mengapung.

source: http://www.bukuresep.net


 

Tempat Makan Cilok Enak

Sekarang untuk menikmati cilok yang enak, kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bandung. Bahkan sekarang banyak pedagang yang menjual cilok keliling dengan menggunakan gerobak. Cilok yang disajikan selalu dipanaskan di dalam dandang, sehingga cilok bisa selalu kamu nikmati dalam keadaan panas. Makan cilok memang paling enak panas-panas dan kemudian dilengkapi dengan bumbu kacang, kecap, dan sambal sesuai dengan selera. Harganya juga murah banget, mulai dari Rp3.000 hingga Rp6.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan porsi yang banyak.

source: https://usimages.detik.com/

Seru juga ya ternyata asal usul dari cilok. Meskipun ternyata untuk membuatnya sangat sederhana, tapi jajanan yang satu ini memang tidak pernah bikin bosan. Apalagi untuk dinikmati ketika lapar sore-sore sambil mengisi waktu luang. Bumbu kacang yang disajikan membuat cilok tersebut semakin nikmat untuk disantap. Beautynesian sendiri suka menyantap cilok tidak?