Selain bisa menunjang penampilan, sepatu hak tinggi atau high heels nyatanya bisa mempengaruhi kesehatanmu. Hak dan bentuk sepatu yang memaksa kaki menjadi tidak natural bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah, menimbulkan cedera, hingga membentuk “hammer toes”. Untuk meminimalisir berbagai dampak dan bahaya high heels tersebut, tentunya kamu harus memakai sepatu high heels yang nyaman. Berikut tips dalam memilih dan menjadikan high heels-mu lebih nyaman ketika dipakai.


Pilih Sepatu dengan Ukuran dan Model yang Nyaman di Kaki


High heels memiliki berbagai banyak model cantik, seperti misalnya bagian ujung sepatu yang membulan atau ujung yang meruncing, serta heels yang tinggi maupun heels yang pendek. Untuk itu, kamu perlu menyesuaikan bentuk dan model heels yang nyaman di kakimu. Apabila kamu merasa kakimu sakit ketika memakai pointed heels, maka pilih saja alternatif lain yaitu heels dengan bagain ujung yang membulat atau terbuka. Selain itu, pastikan juga ukurannya pas di kakimu ya, Beautynesian! Agar tidak menimbulkan rasa sakit atau kelonggaran ketika dipakai.
 

source: https://www.beclickless.com



Gunakan Insoles atau Heel Cushion


Jika sepatumu ternyata terlalu longgar, tentunya akan menyusahkanmu untuk berjalan ya! Hal ini bisa kamu siasati dengan menggunakan back cushion atau bantalan silikon yang bisa kamu selipkan di bagian belakang sepatu untuk mengisi ruang yang longgar, ataupun untuk menghindari gesekan agar kakimu tidak lecet. Kamu juga bisa mencoba insoles di bagian telapak kaki untuk membuat sepatu heels-mu lebih nyaman ketika dipakai berjalan.
 

source: https://www.aliexpress.com
baca juga



Istirahatkan Kakimu


Sebaiknya, jangan memakai high heels dengan durasi yang terlalu lama. Selain itu, Leather Spa, sebuah toko reparasi sepatu di New York, juga menyarankan para wanita untuk tidak memakai high heels selama lebih dari 2 hari berturut-turut. Ada baiknya kamu mengganti sepatumu dengan flat shoes sejenak. Jika memang diharuskan untuk memakai heels setiap hari, jangan lupa istirahatkan dan pijat kakimu ketika mulai terasa pegal ya, Ladies!
 

source: https://www.drweil.com



Pilih Heels dengan Model Tali


Heels model ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang menginginkan kenyamanan saat berjalan. Jika kamu tidak suka dengan model pump atau mudah pegal karena belum terbiasa memakai heels, kamu bisa mencoba sepatu high heels dengan model tali di bagian pergelangan kaki atau ankle strap heels seperti ini. Tali yang mengikat akan mempermudah kamu berjalan dengan heels.
 

source: https://id.pinterest.com