Tanda Kehamilan

Tanda-tanda awal kehamilan adalah payudara yang bengkak, nyeri dan terkadang puting mengeluarkan cairan yang berwarna kuning. Pada tahap awal kehamilan, payudara akan berukuran lebih besar dan berat. Hal ini disebabkan karena kelenjar susu yang membesar dan menyebabkan payudara menjadi lebih sensitif sehingga terasa nyeri. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk sebagai persiapan menghasilkan air susu. Payudarapun dapat menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan.
Untuk memastikan, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter atau para medis agar lebih aman.

source: http://www.ibu-hamil.web.id


 

Salah Memilih Bra

Memakai bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudara akan menyebabkan bentuk payudara berubah. Tak hanya terlihat buruk, namun tentu ini akan berbahaya bagi kesehatanmu. Jika kamu terbiasa menggunakan bra dengan bahan dasar kawat, tentu hal ini akan berdampak pada kesehatan payudaramu. Aktvitasmu seharian akan terganggu jika menggunakan bra yang salah. Agar bra tetap nyaman dan aman dipakai, pilihlah bra dengan bahan yang baik dan pas di payudara. Jangan termakan iklan dan promosi harga yang murah ya, ladies. Sebaiknya utamakan kesehatanmu.

source: https://www.vemale.com


 

baca juga

Mengangkat Beban dan Olahraga Ekstrim

Di bawah payudara mempunyai otot pektorat. Otot ini seharusnya meregang dan mengendur dengan gerakan yang stabil. Namun jika suatu saat kamu menarik atau mengangkat sesuatu yang berat, otot ini akan langsung terasa nyeri. Demikian juga halnya jika kamu berolahraga yang ekstrim seperti panjat tebing, berenang dalam jangka waktu yang lama dan beberapa olahraga lain tanpa latihan peregangan terlebih dahulu.

source: http://www.kinghenrys.co.uk


 

Penggunaan Obat

Penggunaan obat akan berpengaruh pada hormon, termasuk beberapa jenis alat kesuburan seperti pil KB. Walaupun tidak semuanya benar, namun pil KB dapat memicu nyeri pada payudara. Rasa nyeri ini berakibat pada efek samping dari terapi hormon estrogen dan progesteron. Selain itu, obat antidepresan, anti jamur atau antipsikotik juga menjadi salah satu penyebab. Sebab itu hindari penggunaan obat bebas. Konsultasikan semua obat dengan para medis atau dokter agar kamu mengetahui efek sampingnya.

source: http://necturajuice.com


 

baca juga

Mengkonsumsi Kafein Terlalu Banyak

Kalau kamu suka mengkonsumsi kafein berlebih, sebaiknya mulai sekarang kamu kurangi atau baik jika kamu hilangkan kebiasaan ini. Kafein mengandung methylxanthine, yang menyebabkan pembuluh darah membesar. Kebiasaan mengkonsumsi kafein tiga kali dalam sehari akan mengakibatkan nyeri siklik, yaitu nyeri yang berhubungan dengan fluktuasi hormon dan PMS. Selain itu, kafein tentu tidak baik bagi kesehatanmu. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika nyeri pada payudara hanya terkonsentrasi pada satu tempat dalam jangka waktu yang panjang.

source: http://www.kinghenrys.co.uk