Diharuskan memakai sepatu hak tinggi ketika bekerja? Atau kamu memang menyukai sepatu wanita satu ini dan selalu memakainya ketika bepergian? Sebaiknya hati-hati ya, Ladies! Sepatu cantik satu ini ternyata bisa memberikan berbagai dampak negatif pada tubuhmu, bahkan meningkatkan risiko penyakit tertentu. Ingin tahu apa saja bahaya high heels? Simak ulasannya berikut!


Nyeri Pada Punggung

Dengan bentuknya yang cantik, high heels ternyata tidak bisa menopang tubuh dengan baik. Hak kecil pada sepatu ini bisa memberikan tekanan tubuh yang tidak seimbang dan berpotensi memicu rasa nyeri, peradangan, dan sakit pada punggung bagian bawah.

 

source: http://www.premierchironc.com


Cedera Pergelangan Kaki

Berjalan menggunakan high heels tidak semudah yang dibayangkan, terutama jika kamu belum terbiasa. Lalu, permukaan jalan yang tidak rata juga akan mempersulit dan menimbulkan risiko cedera atau pergelangan kaki terkilir. Ouch!
 

source: https://www.linkedin.com/
baca juga


Penyempitan Pembuluh Darah

Bahaya high heels selanjutnya yaitu terjadi penyempitan pembuluh darah, akibat bentuk kaki yang tidak natural dan tekanan pada kaki ketika memakai high heels. Risiko ekstrimnya yaitu pembuluh darah bisa pecah!
 

source: http://www.stylishtips.com/


Perubahahan Bentuk Jari Kaki

Hammer toes atau bentuk jari yang membengkok bisa terjadi akibat pemakaian high heels. Risiko ini tidak kalah berbahayanya dengan risiko lain, terutama diakibatkan karena posisi kaki yang tidak wajar, ketegangan pada betis, serta kelainan bentuk pembuluh darah dan tulang punggung.
 

source: https://singaporeosteopathy.com
baca juga


Bagaimana Cara Mencegahnya?

Jangan sedih dan panik dulu, Ladies. Kamu bisa mencegah hal-hal tersebut tentunya dengan mengurangi waktu memakai high heels. Jika kamu diharuskan untuk menggunakan sepatu hak tinggi ini selama di kantor, jangan lupa untuk istirahatkan kakimu sejenak dengan melepas sepatu dan menggerakkan atau memijat bagian punggung kaki yang pegal.

Kamu juga sebaiknya melepas dan mengganti alas kaki jika kakimu sudah mulai terasa sakit dan nyeri. Alternatif lain, kamu juga bisa memilih sepatu dengan hak yang lebih tebal, untuk mengurangi tekanan pada kaki.Jangan sampai kamu mengorbankan kesehatan hanya untuk tampil dengan high heels ya, Beautynesian!
 

source: http://northwestphysiokeperra.com.au/