Lempok Durian

Membahas jajanan tradisional Palembang, tentunya makanan bernama lempok durian yang satu ini tidak boleh sampai kamu lewatkan. Lempok durian merupakan salah satu makanan jenis dodol khas palembang yang memiliki keistimewaan tersendiri. Berbeda dengan bentuk atau rasa dodol durian pada umumnya, lempok dibuat dari durian asli dan juga ayakan gula asli, sehingga rasa lempok durian ini terkenal dengan tingkat kemanisannya yang sangat kuat. Nah, buat kamu yang lagi main-main ke Palembang, jangan sampai lupa untuk beli satu atau dua lempok durian untuk oleh oleh yah.

source: http://id.pricepedia.org


 

baca juga

Telok Ukan

Telok Ukan atau bahasa Indonesianya adalah "bukan telur". Meskipun berbahan dasar telur, namun makanan ini disebut sebagai bukan telur. Hmm.. unik yah. Telok ukan biasanya dibuat dari telur bebek atau telur ayam. Proses pembuatannya terbilang cukup rumit. Pertama-tama telur akan dilubangi dengan jarum untuk dikeluarkan isinya, lalu diisi kembali dengan santan dan campuran bumbu tradisionalnya ke dalam cangkang telur yang sudah kosong tersebut. Setelah itu telok ukan akan dimasak atau dikukus hingga matang.

iasanya telok ukan akan kamu jumpai dihari perayaan RI atau lebaran, namun sayangnya makanan tradisional Palembang yang satu ini sudah hampir punah lho Beautynesian. So, buat kamu yang beruntung, kamu masih bisa menemukan makanan khas yang satu ini ketika sedang main-main di kota Palembang. Selamat mencoba!

source: https://www.tokopedia.com


 

Kue Jongkong

Kue manis yang satu ini menjadi salah satu makanan favorit di Palembang. Biasanya kamu akan banyak menemukan kue manis ini ketika lebaran atau hari-hari perayaan. Namun tidak jarang juga kamu bisa menemukan kue sumsum kelapa ini di berbagai tempat. Salah satu tempat yang masih menjual kue jongkong bertepatan di daerah Jakarta timur lho.

Pada dasarnya kue jongkong hampir mirip dengan bubur sumsum, namun yang membedakan adalah warnanya yang hijau. Ditambah lagi dengan siraman air gula jawa yang semakin menambah cita rasa dari kue tradisional Palembang yang satu ini.

source: http://food.detik.com


 

baca juga

Sambal Lingkung

Kalau biasanya sambal terkenal dengan rasanya yang pedas, berbeda dengan sambal khas Palembang yang satu ini. Meskipun namanya sambal lingkung, namun rasa sambal ini sama sekali tidak pedas. Sambal berbahan dasar daging ikan yang dijadikan abon ini biasanya sering disantap dengan nasi ataupun mie. Nah, buat kamu yang suka dengan rasa daging ikan, jangan sampai kelewatan untuk membeli satu atau dua bungkus sambal lingkung Palembang untuk oleh oleh yah. Oh iya, sambal lingkung cukup mudah untuk ditemukan lho di tempat-tempat dagang kerupuk atau pasar tradisional.

source: http://www.sayangi.com


 

Kue Dadar Jiwo

Jajanan tradisional Palembang yang satu ini terbilang cukup unik. Kue berbentuk lonjong mirip risol ini merupakan salah satu makanan yang cukup unik namun wajib untuk kamu cicipi. Makanan berbahan dasar tumisan pepaya muda yang dilapisi dengan kulit telur ini biasnya ditaburi dengan bawang goreng dan irisan sambal merah atau sambal hijau sebagai hiasan. Hmmm cukup unik yah. Nah, kalau soal rasa, kamu silahakan coba sendiri deh, dijamin enak. So, selamat mencoba Beautynesian!
source: http://pelangiweb.blogspot.co.id