Untuk menghitung masa subur wanita tidak hanya dilihat dari siklus menstruasi semaya. Ada banyak cara menentukan masa subur, salah satunya adalah dengan mengukur suhu tubuh basal.
source: http://www.medicaldaily.com
Suhu tubuh basal adalah suhu terendah yang dicapai oleh tubuh ketika istirahat atau tidur atau tidak sedang melakukan aktivitas apapun. Untuk mendapatkan hasil terbaik mengukur suhu tubuh dilakukan pada pagi hari, setelah bangun tidur dengan catatan tidak melakukan kegiatan apapun.
source: http://kalkulatormasasubur.com/kalkulator-masa-subur-dengan-suhu-tubuh/
source: https://www.linkedin.com
Ahli Kesuburan dari Universitas Sheffield, London, Inggris, Dr. Allan Pacey, mengatakan, wanita yang sedang berusaha untuk hamil, sering menggunakan termometer basal untuk membantu mereka menentuka ketika mereka sedang berovulasi. Termometer bassal, memiliki skala yang lebih halus daripada yang normal.
source: http://health.liputan6.com/read/2071248/suhu-tubuh-meningkat-saat-haid-tanda-apakah

Mengukur Suhu Tubuh

Suhu tubuh normal basanya 35,5?36 derajat celsius. Pada waktu ovulasi turun dulu dan naik kembali mencapai 37?38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat. Kenaikan suhu tubuh terjadi apabila sudah terbentuknya Progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah di buahi.

Caranya lakukan pengukuran suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun, kemudian masukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5?6 menit. Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakuakn hal ini setiap hari pada jam yang selama 3 bulan. Jangan lupa untuk mencatat setiap hasil pengukuran sampai membentuk kurva dengan syarat selama menentukan masa subur dengan mengukur suhu selama 3 bulan : suhu tubuh tidak boleh dalam kondisi demam, jangan tidur dibawah lampu yang panas, dan jangan tidur dengan menggunakan AC dalam suhu yang sangat tinggi.
source: http://www.masasuburwanita.com/tag/waktu-subur-wanita/

Efektifitas

Metode suhu basal tubuh akan efektif bila dilakukan dengan benar dan konsisten. Suhu tubuh basal dipantau dan dicatat selama beberapa bulan berturut-turut dan dianggap akurat bila terdeteksi pada saat ovulasi. Tingkat keefektifan metode suhu tubuh basal sekitar 80 persen atau 20-30 kehamilan per 100 wanita per tahun. Secara teoritis angka kegagalannya adalah 15 kehamilan per 100 wanita per tahun. Metode suhu basal tubuh akan jauh lebih efektif apabila dikombinasikan dengan metode kontrasepsi lain seperti kondom, spermisida ataupun metode kalender atau pantang berkala (calender method or periodic abstinence).
source: http://www.lusa.web.id/metode-suhu-basal-tubuh-basal-body-temperature-method/

Keuntungan

source: http://idiva.com
Keuntungan dari penggunaan metode suhu basal tubuh antara lain:
1. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pada pasangan suami istri tentang masa subur/ovulasi.
2. Membantu wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur mendeteksi masa subur/ovulasi.
3. Dapat digunakan sebagai kontrasepsi ataupun meningkatkan kesempatan untuk hamil.
4. Membantu menunjukkan perubahan tubuh lain pada saat mengalami masa subur/ovulasi seperti perubahan lendir serviks.
5. Metode suhu basal tubuh yang mengendalikan adalah wanita itu sendiri.
source: http://www.lusa.web.id/metode-suhu-basal-tubuh-basal-body-temperature-method/

Alat Ukur

Untuk melakukan pengecekan suhu tubuh basal atau yang juga dikenal dengan sebutan basal body temperature (BBT), Minasan memerlukan termometer. Kemajuan teknologi saat ini, memungkinkan Minasan untuk membuat daftar catatan suhu tubuh basal di smartphone. Salah satunya menggunakan Toshiba Clinical Thermometer.
source: http://postimg.org/image/we7bp5ryl/
Toshiba Clinical Thermometer dapat digunakan sebagia alat ukur tubuh yang dapat dihubungkan dengan aplikasi di ponsel pintar Minasan. Minasan cukup mengunduh Toshiba BBT di Play Store atay Google Play untuk terhubung secara otomatis dengan Toshiba Clinical Thermometer milikmu. Dengan cara praktis ini, kamu bisa secara rutin mengecek suhu tubuh basal untuk mengetahui masa subur setiap bulannya.

Untuk Lebih Lengkapnya Klik di sini
URL:   http://www.toshiba.co.jp/healthcare/bbt/en/index_e.htm

source: http://matomeindo.com/1489
Dapatkan kesempatan menarik memenangkan Toshiba Clinical Thermometer dan iPhone 6 persembahan dari Toshiba & Matome Indo.

Klik di sini
URL:   http://matomeindo.com/1489