Hingga kini para peneliti menyatakan bahwa penyebab utama kanker payudara adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi minuman alkohol, merokok dan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Namun, ternyata ada penyebab lainnya yang membuat orang menderita penyakit mematikan ini. Apa saja? Yuk, simak!


1. Riwayat Keluarga
Jika ada keluargamu seperti ibu atau kakak yang mengidap kanker maka risiko kamu terkena kanker payudara juga lebih besar. Namun, umumnya kanker payudara bukan disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi mutasi gen yang diturunkan orangtua kepada anaknya dan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

source: http://www.indianexpress.com



2. Faktor Usia
Umumnya wanita di atas usia 50 tahun yang sudah mengalami menopause lebih rentan mengalami kanker payudara. Seiring bertambahnya usia, maka risiko kanker juga akan meningkat. Eits.. tapi bukan berarti anak muda tidak bisa mengidapnya lho.

source: http://www.healthline.com
baca juga



3. Paparan Radiasi
Perlu diketahui, seringnya kamu terkena paparan radiasi seperti rontgen dan juga CT Scan ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Kondisi ini biasanya dialami oleh seseorang yang sedang menjalani prosedur medis tertentu.

source: http://www.healthline.com



4. Paparan Estrogen
Apa itu terkena paparan estrogen? Ya, biasanya terjadi jika kamu tidak memiliki keturunan atau melahirkan di usia lanjut. Selain itu, mengalami masa menstruasi lebih lama dari normalnya juga dapat memicu terjadi kanker payudara. Tak hanya itu, kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause ternyata dapat menyebabkan terjadinya peningkatan produksi estrogen yang sehingga risiko terserang kanker payudara lebih besar.

source: http://www.wisegeek.com
baca juga



5. Mengonsumsi Minuman Alkohol
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi minuman keras atau alkohol berisiko lebih besar bahkan tiga kali lipat terserang penyakit kanker payudara. Tak hanya itu, risiko kanker payudara juga akan meningkat seiring dengan banyaknya jumlah minuman keras yang ia konsumsi.

source: http://www.salemwebnetwork.com/


Lalu, apa gejala seseorang mengalami kanker payudara?
Sebenarnya untuk mengetahui kamu menderita kanker payudara atau tidak yaitu dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu waspadai, antara lain:

  1. Adanya benjolan atau kulit yang menebal di sekitar payudara,
  2. Timbul rasa sakit pada payudara atau ketiak,
  3. Keluar cairan dari puting dan biasanya disertai dengan darah,
  4. Bentuk puting yang mengalami perubahan,
  5. Kulit payudara mengerut
  6. Timbul rasa gatal dan bahkan muncul ruam di sekiat puting payudara kamu.
source: https://shawglobalnews.files.wordpress.com


Jika kamu mengalami beberapa tanda di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!