Umumnya, payudara akan mengalami perubahan sebelum dan sesudah menstruasi, dimana payudara akan terasa lebih kencang dan padat. Namun, ada perubahan yang harus kamu waspadai karena bisa jadi terserang penyakit, salah satunya kanker payudara. Karena itu, para wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) untuk mengetahuinya dan dapat segera ditangani sebelum terlambat.
 
Kanker payudara merupakan penyakit mematikan nomor dua setelah kanker serviks, karena gejala yang timbul umumnya tidak terasa dan sayangnya kebanyakan wanita baru mengetahui bahwa ia telah mengalami kanker payudara saat sudah memasuki stadium akhir atau sudah ganas sehingga penanganannya pun terlambat.

Itulah mengapa pemeriksaan payudara sendiri itu penting dilakukan agar jika ada perubahan di payudara yang tidak normal bisa segera diatasi. Lalu bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak langkah mudah pemeriksaan payudara sendiri berikut ini:
 

source: https://internist.blog



1. Di depan Cermin
Untuk melakukan SADARI, kamu hanya memerlukan tangan, cermin dan penglihatan yang fokus.

  • Berdiri di depan kaca, lalu buka baju kamu dan pastikan pencahayaannya bagus,
  • Mulailah memerhatikan payudara kamu, jangan kaget saat melihat ukuran payudara kananmu lebih besar dibanding kiri,
  • Lalu berdirilah dengan lengan di samping tubuh, setelah itu perhatikanlah bentuk, ukuran dan apakah ada perubahan yang tidak normal pada payudaramu termasuk warna kulit dan bentuk puting payudara,
  • Kemudian letakkan tangan di pinggang dan tekan sekuat-kuatnya untuk mengencangkan otot dada, lihatlah payudaramu sembari berkaca dari sisi kiri ke kanan dan juga sebaliknya.
  • Membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah, kemudian raba dengan seksama apakah ada perubahan tertentu pada payudaramu.
  • Letakkan kedua tangan di belakang kepada dan tekan ke dalam, kemudian perhatikan kedua payudaramu termasik di bagian bawahnya.

Letakkan jempol dan jari telunjuk kamu di sekitar puting dan tekan secara perlahan, setelah itu perhatikan apakah ada cairan yang keluar dari puting payudaramu.
 

source: https://hellosehat.com
baca juga



2. Saat Mandi
Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri saat mandi. Cukup gunakan busa sabun untuk mempermudah gerakan tangan memeriksa apakah ada benjolan atau perubahan pada payudaramu. Caranya mudah, angkatlah satu tangan ke belakang kepala dan tangan yang satunya sudah dilumuri sabun, kemudian mulailah meraba payudara di sisi tangan yang terangkat, lalu gunakan jari untuk menekan bagian secara perlahan dan lembut. Lakukanlah pada payudara yang satunya.
 

source: https://www.alodokter.com



3. Saat Berbaring
Selain saat mandi, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri saat berbaring. Mulailah memilih tempat tidur atau permukaan yang datar setelah payudara melebar mulailah meraba payudara dengan sebelumnya menempatkan tangan kanan di bawah kepala dan tangan kiri dilumuri lotion.
 

source: http://www.indianexpress.com


Jika setelah melakukan pemeriksaan ditemukan perubahan atau hal yang aneh pada payudaramu, segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!